Apakah Hanya Ada 25 Nabi dan Rasul dalam Islam?

Apakah Hanya Ada 25 Nabi dan Rasul dalam Islam?
Iman kepada Nabi dan Rasul adalah salah satu rukun iman dalam Islam. Mengenai hal ini, Allah berfirman dalam Surat al-Baqarah ayat 285 sebagai berikut:

ءَامَنَ ٱلرَّسُولُ بِمَآ أُنزِلَ إِلَيۡهِ مِن رَّبِّهِۦ وَٱلۡمُؤۡمِنُونَۚ كُلٌّ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَمَلَٰٓئِكَتِهِۦ وَكُتُبِهِۦ وَرُسُلِهِۦ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٖ مِّن رُّسُلِهِۦۚ وَقَالُواْ سَمِعۡنَا وَأَطَعۡنَاۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيۡكَ ٱلۡمَصِيرُ  

Artinya: Rasul telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali".

Jadi, apakah hanya ada 25 nabi dan rasul dalam Islam?

Dalam ilmu tauhid, sering diperkenalkan nama-nama 25 nabi dan rasul. Ke 25 orang itu adalah manusia yang ditunjuk oleh Allah untuk menjadi nabi dan rasul, dan disebutkan dalam Al-Quran. Nama-nama 25 Nabi dan Rasul adalah:

Nabi Adam, Nabi Idris, Nuh, Nabi Hud, Nabi Sholeh, Nabi Ibrahim, Nabi Luth, Nabi Ismail, Nabi Ishaq, Nabi Ya'qub, Nabi Yusuf, Nabi Ayub, Nabi Syu'aib , Nabi Harun, Nabi Musa, Nabi Ilyasa, Nabi Dzulkifli, Nabi Dawud, Nabi Sulaiman, Nabi Ilyaas, Nabi Yunus, Nabi Zakaria, Nabi Yahya, Nabi Isa, dan Nabi Muhammad.

Namun, jumlah sebenarnya dari Nabi dan Rasul tidak hanya 25. Nama-nama dari 25 nabi dan Rasul di atas harus diketahui karena hanya yang disebutkan dalam Al-Quran.

Mungkin anda telah mendengar tentang tokoh-tokoh seperti Nabi Khidir, Nabi Sam'un dan Samuel. Di luar 25 Nabi, ada banyak nabi dan rasul yang tidak diungkapkan oleh Al-Quran. Allah berfirman dalam Surat an-Nisa ayat 164:

وَرُسُلٗا قَدۡ قَصَصۡنَٰهُمۡ عَلَيۡكَ مِن قَبۡلُ وَرُسُلٗا لَّمۡ نَقۡصُصۡهُمۡ عَلَيۡكَۚ وَكَلَّمَ ٱللَّهُ مُوسَىٰ تَكۡلِيمٗا  

Artinya: Dan (Kami telah mengutus) rasul-rasul yang sungguh telah Kami kisahkan tentang mereka kepadamu dahulu, dan rasul-rasul yang tidak Kami kisahkan tentang mereka kepadamu. Dan Allah telah berbicara kepada Musa dengan langsung.

Dalam tafsir Ibn Kathir dijelaskan, bahwa ulama berbeda pendapat tentang jumlah Nabi dan Rasul. Pendapat populer menyatakan bahwa jumlah Nabi adalah 124.000, dan jumlah Rasul adalah 313. Sementara menurut Imam al-Baijuri, lebih baik berhenti menentukan jumlah Nabi dan Rasul. Karena dapat mengakibatkan seseorang akan mengklaim bahwa orang yang bukan nabi dan rasul menjadi nabi dan rasul, dan sebaliknya.

Mengenai predikat Nabi dan Rasul, para ulama memiliki pendapat berbeda. Ada yang mengatakan keduanya sama, yang lain mengatakan berbeda. Beberapa ulama menyatakan bahwa Nabi adalah orang yang mendapatkan wahyu tetapi tidak diperintahkan untuk menyampaikan wahyu, sementara Rasul adalah orang yang mendapatkan wahyu dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada umatnya.

Berdasarkan Surah al-Nisa di atas, ada utusan Allah yang sengaja oleh Allah tidak diceritakan dalam Al Qur'an. Jadi bisa saja di masa lalu ada orang-orang yang bijaksana, beriman kepada Allah meskipun mereka berbeda dari orang-orang Nabi Muhammad dalam menjalankan syariat, dan mereka adalah utusan Allah. Jadi kita perlu berhati-hati, jangan memandang mereka sebagai manusia rendah yang tidak mengenal Islam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama