Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

Inilah 7 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh
Rasa asam manis yang ada pada buah mangga memberikan kesegaran sehingga buah musiman ini bintangnya sajian rujak. Ngerujak memang akan tidak berasa nikmat jika tidak datangnya si kuning masam ini. Sudahkah anda mengetahui manfaat yang ada dalam buah mangga?

Nutrisi yang Terdapat dalam Buah Mangga 


Satu cangkir daging mangga potong dadu di dalamnya mengandung; 1 gram protein, 100 kalori, 0,5 gram lemak, 100 % dari keperluan harian akan vitamin C, 25 gram karbohidrat (24 gr gula serta 3 gr serat), 35 % vitamin A, 10 % vitamin B-6, 20 % folat, dan 8 % vitamin K serta kalium

Buah asam manis ini pula memiliki kandungan tembaga (copper), kalsium, zat besi, dan anti-oksidan seperti zeaxanthin serta betakaroten.

Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan


1. Mengontrol Kesehatan Rambut dan Kulit

Pada suatu riset yang dilakukan pada hewan, kekurangan vitamin A beresiko alami kerontokan rambut yang cukuplah kronis. Ini sebab vitamin A adalah zat terpenting untuk mengontrol kesehatan jaringan epitel yang berada di kulit serta rambut supaya menjaga keduanya terus lembap serta sehat.

Tidak hanya itu, makan satu porsi buah banga dapat juga penuhi kurang lebih 75% asupan vitamin C harian pada tubuh.

Perpaduan vitamin A serta C dibutuhkan badan untuk menghasilkan kolagen. Kolagen merupakan protein khusus yang memberi dan mengontrol fleksibilitas kulit untuk menahan kulit berkeriput serta mengendur sebelum saatnya.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Konsumsi makanan manis seringkali jadi pemicu gula darah naik. Akan tetapi sesudah team periset Oklahoma State University memerhatikan dampak buah mangga pada seorang dengan berat tubuh berlebihan, kandungan gula darah mereka mengalami penurunan cukuplah mencolok di banding waktu sebelum ikut pengamatan.

Beberapa simpatisan ini disuruh untuk teratur makan 10 gr mangga kering sehari-hari, yang kandungan gulanya sama dengan kira-kira 1/2 mangga fresh.

Penurunan kandungan gula darah ini dikira jadi dampak dari senyawa aktif serta anti-oksidan khusus dalam buah itu.

3. Dapat Mengontrol Kesehatan Mata

Lutein serta zeaxanthin merupakan dua anti-oksidan yang sangat banyak diketemukan dalam buah mangga. Kedua-duanya dilaporkan bisa membantu melindungi kegunaan retina serta lensa mata.

Kegunaan retina serta lensa mata yang berjalan baik bisa menambah ketajaman pandangan, kurangi dampak silau mata yang tidak nyaman, dan kurangi waktu yang diperlukan mata untuk pulih setelah memandang sinar terang.

Baca juga: Kulit Mangga Mengandung Nutrisi yang Banyak, Bolehkah dimakan?

Zat lutein serta zeaxanthin pun bekerja membuat perlindungan mata dari cahaya ultraviolet yang beresiko, serta perlambat perkembangan katarak dan bahaya degenerasi makula.

4. Dapat Menghindari Kanker

Dalam satu riset yang dilaksanakan oleh team periset dari Texas AgriLife Research didapati jika ekstrak polifenol mangga bisa menghindari perubahan sel kanker pada usus besar, payudara, paru-paru, leukemia, serta jaringan prostat. Buah ini terbukti sangat efisien menahan resiko kanker payudara serta usus besar.

Kandungan anti-oksidan pencegah kanker ternyata ada juga pada kulitnya. Riset dari Malaysia membuktikan jika kulit mangga memiliki kandungan zat polifenol, karotenoid, serat makanan, vitamin C, vitamin E serta beberapa senyawa aktif yang lain yang punya potensi menjadi terapis antikanker yang lebih kuat ketimbang daging buahnya sendiri.

5. Dapat Menghilangkan Sembelit

Dalam satu studi yang mempelajari orang dengan sembelit akut, makan buah ini nyatanya lebih menolong dibanding konsumsi makanan memiliki serat seperti gandum.

Terpenting untuk dicatat jika mangga merupakan makanan penting dari diet FODMAP. Diet ini merupakan diet yang menjauhi makanan yang bisa menyebabkan gas serta kembung pada seorang IBS.

6. Dapat Menghambat Sakit Jantung

Kandungan serat, kalium serta vitamin pada buah ini telah lama didapati bisa mencegah penyakit atau permasalahan pada jantung. Karena kenaikan konsumsi kalium akan sepadan juga dengan penurunan zat sodium pada tubuh.

Nah bila Anda mengkonsumsi buah manis ini dengan cukup dalam satu hari, hal ini begitu berguna untuk kurangi resiko terjadinya permasalahan penyakit jantung.

7. Dapat Menurunkan Berat Badan Yang Gemuk

Jika buah mangga dikonsumsi dalam jumlahnya yang cukup serta tidak terlalu berlebih, ini berguna untuk turunkan berat tubuh, lho! Karena kulit buah kuning ini memiliki kandungan zat fitokimia yang berperan menjadi penghilang lemak alami.

Sedang dagingnya memiliki kandungan serat yang banyak yang dapat menimbulkan perasaan kenyang lebih lama. Waktu makan buah atau sayuran memiliki serat tinggi, Anda tak kan terasa cepat kelaparan. Itu mengapa konsumsi makanan memiliki serat tinggi dapat menahan Anda konsumsi makanan berlebihan yang justru dapat membuat berat tubuh sulit turunnya.

Panduan Menentukan Buah Mangga 


Waktu pilih buah mangga yang bagus, janganlah dipandang berdasar pada warna buahnya. Di Indonesia umumnya buah ini warna luarnya hijau, akan tetapi ada pula yang luarnya berwarna kuning atau merah. Pilih yang buahnya fresh serta masak lewat cara ditekan sedikit di luar. Buah yang masak tidak keras, tetapi berasa cukuplah empuk. Jauhi buah-buahan dengan beberapa bintik-bintik hitam di kulitnya.

Tak apa untuk beli mangga yang masihlah mentah. Anda dapat menyimpannya pada kondisi kering di suhu ruangan, tetapi jauhkan dari cahaya matahari, untuk menunggunya masak secara alami. Janganlah taruh mangga mentah dalam kulkas. Waktu buah telah masak, taruh dalam kantong plastik serta simpan di kulkas sepanjang 2-3 hari supaya tidak cepat busuk.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Buah Mangga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh"