Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata Kulit Mangga Mengandung Banyak Nutrisi, Tapi Bolehkah dimakan?

Ternyata Kulit Mangga Mengandung Banyak Nutrisi, Tapi Bolehkah dimakan?
Buah mangga tidak cuma nikmat, tapi pun memiliki banyak kandungan nutrisi penting. Uniknya lagi, mangga tidak cuma memiliki kandungan nutrisi di dagingnya saja, tapi pun pada kulitnya. Sebetulnya, apa sich kandungan nutrisi yang ada di kulit mangga serta apa bisa dikonsumsi begitu saja?

Faedah Kulit Mangga


Riset membuktikan jika kulit mangga memiliki kandungan polifenol, karotenoid, dan, vitamin C, serta beberapa senyawa berguna yang lain. Dalam riset yang lain disebutkan jika mengkonsumsi makanan tinggi vitamin C, polifenol, serta karotenoid beresiko lebih rendah terserang penyakit jantung, kanker jenis khusus, serta penurunan fungsi kognitif otak.

Tidak hanya itu, ditemukan bukti jika ekstrak kulit mangga mempunyai karakter anti-oksidan serta antikanker yang lebih kuat dibanding ekstrak daging mangga. Kulit buah mangga pun kaya triterpen serta triterpenoid, yakni senyawa yang berguna menjadi antikanker serta antidiabetes.

Kulit mangga pun kaya serat, bahkan juga lebih besar dari yang terdapat dalam daging buahnya. Serat adalah salah satu diantara nutrisi terpenting yang baik untuk kesehatan pencernaan serta dapat memberi perasaan kenyang yang lebih lama.

Jadi, bolehkah kita makan kulit mangga? 


Lihat beberapa faedah kulit buah mangga, sebetulnya Anda sah-sah saja mengkonsumsinya. Akan tetapi, Anda pun butuh melihat bagian yang lain. Tidak hanya faedah, ada pula resikonya atau resiko yang didapatkan waktu makan kulit buah mangga. Tidak hanya teksturnya yang keras serta rasa-rasanya yang cukup pahit, ada banyak resiko yang lain, misalnya:

Baca juga: Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan

Mengakibatkan reaksi alergi


Riset yang diluncurkan di Contact Dermatitis Environmental and Occupational Dermatitis menuturkan jika kulit mangga memiliki kandungan urushiol. Urushiol merupakan zat organik yang diketemukan pada tumbuhan ivy serta oak, yakni tumbuhan semacam semak.

Urushiol dapat mengakibatkan reaksi alergi pada beberapa orang, khususnya mereka yang peka pada toksin ivy serta tanaman yang lain yang memiliki kandungan urushiol. Beberapa orang yang cukup peka dengan zat ini umumnya akan mengalami bengkak serta ruam yang begitu gatal pada kulit.

Memiliki kandungan residu pestisida 


Pestisida banyak dipakai oleh petani untuk menjaga buah serta sayuran dari hama tanaman yang mengakibatkan kerusakan. Kadang, membersihkan kulit mangga dengan air saja tidak cukuplah untuk menghilangkan bahan kimia yang satu ini. Oleh karenanya, mengupas kulitnya jadi salah satunya langkah sangat efisien untuk mengindari bahan kimia beresiko ini.

Pestisida butuh dijauhi sebab dapat memunculkan beberapa dampak negatif untuk kesehatan. Diambil dari Healthline, permasalahan kesehatan yang umumnya muncul karena paparan pestisida terlalu berlebih yakni gangguan sistem endokrin, permasalahan reproduksi, serta penambahan resiko kanker tertentu.

Karena itu, Anda butuh memperhitungkan terlebih dulu sebelum makan kulit buah mangga. Masalahnya beberapa kandungan nutrisi di dalamnya masih tetap dapat Anda temukan dari sumber yang lain yang pasti lebih enak, sehat, serta minim resikonya.

Pilihan aman makan kulit buah mangga 


Bila Anda masih ingin makan kulit mangga, coba mengkonsumsinya lewat cara memotong buah tanpa mengupas kulitnya. Tidak hanya itu, supaya pahitnya tidak sangat berasa Anda dapat juga membuat smoothie mangga tanpa mengupas kulitnya. Campur beberapa buah, sayuran, atau bahan yang lain supaya berasa lebih nikmat.

Akan tetapi, janganlah lupa untuk membersihkan kulit mangga terlebih dulu dengan air serta pembersih khusus buah serta sayuran. Maksudnya adalah untuk menghilangkan residu pestisida yang masih tetap melekat di kulitnya.

Posting Komentar untuk "Ternyata Kulit Mangga Mengandung Banyak Nutrisi, Tapi Bolehkah dimakan?"