Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang Menawan

Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang Menawan
Pulau Sumbawa adalah sebuah pulau yang masuk dalam wilayah propinsi Nusa Tenggara Barat. Terdiri dari berbagai kabupaten seperti : Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima, dan Sumbawa Besar. Lokasinya terletak di sebelah timur pulau Lombok. Untuk mencapai tempat ini dapat dilakukan melalui jalur udara yaitu penerbangan dan lalulintas air laut.

Jangan cemas, di sana berbagai kendaraan jalur darat ada semua, mulai dari : taksi, ojek, becak hingga angkutan kota, semacam bemo yang berwarna kuning dan biru pada masing-masing rute. Selain itu juga travel perjalanan yang akan selalu siap melayani Anda. Dan berikut tempat-tempat wisata di sana yang dapat Anda kunjungi.

1. Awan Eksotis Di Desa Mantar


Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang tak mudah dilupa
Destinas wisata satu ini menempati area di ketinggian sekitar 630 mdpl, atau lebih tepatnya desa Mantar kecamatan Pototano kabupaten Sumbawa Barat. Tergolong sulit jika menuju ke sini, sebab Anda harus rela menempuh jarak panjang melintasi bebatuan terjal. Namun semua akan terbayar lunas, dengan pemandangan yang dijumpai, di mana banyak awan-awan berjalan sejajar dengan poisi tubuh saat kita berdiri. Bahkan konon karena eksotisnya sebuah film berjudul “Serdadu Kumbang’’ pernah dibuat dengan mengambil lokasi tersebut, sebagai sarana syuting pengambilan gambar.

2. Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo


Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang tak mudah dilupa
Sebuah pantai dengan garisnya yang sangat menakjubkan, dan sudah tidak diragukan lagi keindahan pemandangan sekitarnya. Anda dapat melakukan olahraga air, misalnya : snorkling dan diving atau yang lain. Menikmati panorama bawah laut, di mana banyak terdapat batu-batu karang yang indah.

3. Laut Pantai Ai Manis Pulau Moyo


Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang tak mudah dilupa
Tempat itu terletak tidak jauh dari pantai Tanjung Pasir pulau Moyo. Pantai Ai Manis dengan keindahannya, menawarkan kesan tersendiri bagi mereka yang datang berkunjung. Ada keindahan alam bawah laut, yang sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja, bila pergi ke sana. Keadaan alam sekelilingnya juga sangat memukau, apapun bisa Anda lakukan untuk menikmati keelokan wisatanya.

4. Pemandian Air Terjun Mata Jitu


Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang tak mudah dilupa
Masih berada dalam satu pulau Moyo, Air Terjun Mata Jitu berarea di pedalaman hutan desa Ai Bari. Mendapat sebuatan lain sebagai air terjun ‘’Putri Diana’’, sebab dulunya saat putri bangsawan kerajaan Inggris datang, dalam lawatannya ke Indonesia pernah singgah di lokasi ini. Seorang putri dapat terpesona dengan keindahan alamnya, apalagi Anda ya?

5. Kawasan Lindung Pola Jarum


Masih termasuk dalam wilayah pulau Moyo, Kawasan Lindung Pola Jarum namanya. Sebuah kawasan yang dapat dijangkau dari Tanjung Pasir, selama kurang lebih satu jam perjalanan. Pesonanya alamnya sangat menawan. Oleh pemerintah setempat dilarang mendirikan hunian apapun, karena mempunyai tujuan untuk melindungi kelestariannya.

6. Istana Tua Dalam Loka


Pulau Sumbawa dan destinasi wisatanya yang tak mudah dilupa
Sedikit berbeda, jika alam dan hutan menyajikan beragam bentuk flora fauna dan keadaan sekitar, maka ini adalah destinasi wisata bernilai sejarah. Adalah Istana Tua Dalam Loka yang menempati area seluas 904 meter persegi, menyuguhkan suasana indah tempo dulu. Dengan bangunan megah kuno, di mana jejak-jejak masa lalu terungkap. Dilatar-belakangi pengaruh agama Islam yang sangat kental keberadaannya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya jumlah tiang sebanyak 99 yang menunjukkan asma Allah.

Bagaimana? Anda masih meragukan keindahan keadaan Pulau Sumbawa yang menawan itu? Datang ya dan buktikan kebenarannya, Dijamin akan senang dan puas!

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama