Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uniknya Koteka, Alat dan Sekaligus Sebuah Tradisi

Uniknya Koteka, Alat dan Sekaligus Sebuah Tradisi
Tanah Papua - merupakan tanah Indonesia yang berada di ujung timur. Walaupun demikian, tempat ini begitu banyak menyimpan budaya dan keunikan khas Papua. Bahkan tempat ini pun juga memiliki beragam pakaian, kesenian, dan makanan khas yang tak bisa Anda temukan di daerah lainnya. Selain itu, berbagai suku juga tinggal di Papua.

Salah satu kekhasan dari Papua adalah Koteka. Koteka merupakan suatu pakaian yang digunakan laki-laki di Papua untuk menutup kemaluannya. Penggunaan alat ini merupakan budaya asli penduduk di Pulau Papua. Koteka sendiri terbuat dari kulit labu air yaitu Lagenaria siceraria. Untuk bisa membuatnya, isi dan biji labu tua harus dikeluarkan terlebih dahulu. Setelah bersih, kemudian kulitnya dijemur hingga kering.

Jika dilihat secara harfiah, kata koteka ini berarti pakaian. Kata ini berasal dari bahasa salah satu suku yang ada di Paniai. Alat ini tak hanya dikenal dengan nama koteka, tetapi di sebagian suku pegunungan Jayawijaya menyebutnya holim atau horim.

Uniknya Koteka, Alat dan Sekaligus Sebuah Tradisi

Ukuran koteka biasanya disesuaikan dengan aktivitas penggunanya. Ukuran ini berbeda untuk setiap aktivitasnya. Baik itu saat bekerja, upacara, bahkan hanya untuk di rumah. Ada yang pendek dan juga panjang yang disertai dengan berbagai hiasan. Biasanya yang ukuran panjang ini digunakan untuk menghadiri upacara adat. Dan cara penggunaannya pun berbeda untuk setiap suku yang ada di Papua. Hal ini berbeda sekali dengan anggapan banyak orang bahwa ukuran koteka itu bergantung pada ukuran alat vital penggunanya. Setiap suku di Papua memikliki koteka yang berbeda-beda.  Orang Yali, lebih menyukai bentuk labu yang panjang. Sedangkan orang Tiom biasanya memakai dua labu.

Seiring bertambahnya waktu, koteka semakin jarang digunakan. Hal ini terjadi karena pelarangan penggunaannya untuk ke sekolah maupun instansi resmi. Sejak 1950-an, para misionaris mengampanyekan penggunaan celana pendek sebagai pengganti koteka. Pemerintah RI sejak 1960-an tengah berusaha untuk mengurangi penggunaan koteka di setiap daerah. Melalui para gubernur, sejak Frans Kaisiepo pada 1964, kampanye antikoteka digelar. Pada akhirnya di tahun 1971, dikenal istilah operasi koteka. Operasi ini dilakukan bersamaan dengan membagi-bagikan pakaian kepada penduduk. Namun, warga Papua malah banyak yang terserang penyakit kulit. Hal ini terjadi karena mereka tidak memiliki sabun dan pakaian tersebut tidak pernah dicuci.

Keunikan koteka ini memang memberikan kesan yang khas untuk masyarakat di Papua. Namun, koteka juga tidak bisa digunakan secara terus-menerus setiap harinya. Karena hal ini masih sangat promitif dan jauh dari kesan modern. Pelarangan penggunaan koteka tersebut membuat warga Papua semakin mudah menerima perkembangan zaman yang semakin maju. Walaupun awalnya banyak yang tidak menanggapi pelarangan tersebut, namun pada akhirnya sedikit-demi sedikit masyarakat di Papua sudah beralih menggunakan pakaian yang semestinya.

Walaupun sudah tidak digunakan setiap harinya, alat ini juga memberikan banyak hal mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia. Khususnya di Papua. Koteka bukan hanya alat yang digunakan untuk menutupi kelamin laki-laki zaman dahulu, koteka juga merupakan asset budaya yang perlu dilestarikan. Maka tak heran jika dalam acara atau ritual upacara tertentu masyarakat masih menggunakan alat ini.

Nah, itulah tadi hal-hal seputar keunikan koteka. Koteka memang budaya tanah Papua yang perlu dilestarikan oleh masyarakatnya. Penggunaannya pun bisa beragam di setiap acaranya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Uniknya Koteka, Alat dan Sekaligus Sebuah Tradisi"