Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Suku Duri dan Pegunungan di Sulawesi Selatan

Suku Duri dan Pegunungan di Sulawesi Selatan
Sulawesi Selatan - tak hanya memiliki beragam keindahan alam yang menggoda. Provinsi ini pun menyimpan banyak suku yang hidup di daerah ini. Seperti suku Bugis, suku Makassar, suku Bentong dan juga suku Duri. Mengenai suku Duri, tak banyak orang yang tahu mengenai suku ini. Padahal masyarakat suku ini tinggal di daerah pegunungan yang sejuk dan menawan.

Suku Duri adalah salah satu suku yang tinggal di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di Kabupaten Enrekang. Daerah ini merupakan daerah pegunungan yang terletak di tengah-tengah Propinsi Sulawesi Selatan, dan berbatasan langsung dengan Tanah Toraja.  Tentu wilayah ini sangat sejuk dan menyegarkan. Walaupun demikian, tak banyak masyarakat yang tinggal di daerah ini. Kebanyakan masyarakat  Duri tinggal di kecamatan Baraka, Alla dan Anggeraja yang jumlahnya ada 17 desa. Sebagian dari mereka tinggal dekat dengan jalan yang dapat dilalui mobil. Hanya beberapa saja yang memilih tinggal di  di daerah pegunungan yang tinggi.

Dalam kesehariannya masyarakat suku Duri hidup dalam lingkungan yang memiliki sifat kekeluargaan serta gotong royong yang tinggi. Dahulunya, mereka mengenal adanya status sosial mulai dari kaum bangsawan, rakyat biasa hingga budak. Namun saat ini hal itu telah dihapus oleh mereka. Masyarakat ini pun kini telah banyak yang menganut agama Islam, setelah sebelumnya menganut suatu agama kepercayaan tradisional yang disebut dengan Alu' Tojolo.

Sebagian besar masyarakat suku Duri menghidupi keluarga dengan cara bercocok tanam. Yaitu dalam bidang pertanian, dengan hasil yang beragam. Mereka menanam beberapa tanaman keras, dan memelihara hewan ternak. Tanaman pertanian suku Duri, mulai dari cabe, padi, jagung, ubi, dan bawang merah sebagai tanaman utama. Sebagian kecil dari mereka membuat barang kerajinan khas suku Duri.

Suku duri terkenal dengan sifat kasih sayangnya, terlebih seorang ayah kepada anaknya. Kasih sayang itu tumbuh karena kekeluargaan merupakan bagian terpenting dalam menata kehidupan. Anak laki-laki merupakan penerus keluarga, dan akan bertanggung jawab kepada kelurganya suatu saat kelak, sehingga butuh perhatian khusus untuk mendidiknya. Selain itu mereka juga memiliki perangai yang baik dan nyali yang sangat berani.

gunung bawah karaeng via ardiyanta.com
Sulawesi Selatan juga memiliki panorama yang indah dengan banyaknya gunung yang ada di daerah ini. Gunung-gunung ini pun tersebar di beberapa daerah yang ada di Sulawesi Selatan. Karena hal inilah banyak wisatawan asing maupun domestik yang sengaja datang untuk menikmati keindahannya. Sebagian suku Duri tinggal di beberapa pegunungan yang berada di Kab. Anrekang. Berikut ini beberapa gunung yang ada di Sulawesi Selatan, diantaranya adalah:

1. Gunung Nona
2. Gunung Sesean
3. Gunung Latimojong
4. Gunung Kambing
5. Gunung Bottotallu
6. Gunung Aruan
7. Gunung Pipingpanah
8. Gunung Lapande
9. Gunung Pantara Siruk
10. Gunung Pasa’Bombo
11. Gunung Batu Maitan
12. Gunung Bawakaraeng
13. Gunung Rantemario
14. Gunung Nenemori
15. Gunung Latimojong
16. Gunung Rantekambola
17. Gunung Bajaja
18. Gunung Sumbolong
19. Gunung Batu Kitangke
20. Gunung Sikolong
21. Gunung Sinaji
22. Gunung Pokapinjan
23. Gunung Pantealoan
24. Gunung Saranglangkan
25. Gunung Katapu

Gunung-gunung tersebut adalah bagian dari pegunungan yang ada di Sulawesi Selatan. Tentu masih banyak gunung-gunung lainnya yang ada di provinsi ini. Setiap gunung memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Jarak antar gunung pun bisa berdekatan satu sama lain. Hal ini karena memang wilayah ini terdapat banyak gunung. Dan untuk bisa sampai ke sana sudah tidak sulit lagi.

Itulah tadi artikel mengenai suku Duri dan pegunungan yang berada di Sulawesi Selatan. Anda bisa mengenal lebih dekat suku ini dengan mengunjunginya. Anda pun bisa menikmati keindahan dan kesejukan pegunungan yang ada di sana. Semoga artikel sederhana ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Suku Duri dan Pegunungan di Sulawesi Selatan"