Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Peluang Bisnis Tahun 2019 yang Harus Diketahui Para Pebisnis

6 Peluang Bisnis Tahun 2019 yang Harus Diketahui Para Pebisnis
Tahun 2019 sebentar lagi akan tiba. Tentunya setiap dari kita mempunyai rencana atau resolusi yang berbeda-beda di setiap tahunnya. Walaupun terkadang terasa sulit dalam menjalani segala resolusi yang diinginkan, namun tidak ada salahnya untuk kita selalu berusaha untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Beberapa resolusi mungkin untuk sebagian orang juga menyangkut urusan pekerjaan. Ada yang mungkin mentargetkan mendapat promosi, ada pula yang ingin mendapatkan pekerjaan baru, atau mungkin memulai usaha sendiri. Untuk anda yang berencana ingin mempunyai bisnis sendiri, anda harus mempersiapkan betul dan mempelajari apa saja yang dibutuhkan untuk membuat bisnis anda. Selain itu, melakukan riset pasar tentang tren juga sangat penting dilakukan untuk bisnis anda. Mau tahu apa saja tren bisnis tahun 2019 yang perlu anda ketahui? Simak beberapa penjelasan dibawah ini.

1. Konsultan Marketing Online


Berbagai bisnis yang bermunculan saat ini juga ikut mendukung pertumbuhan jasa konsultan marketing online. Karena pada saat ini media yang digunakan untuk mempromosikan bisnis tidak hanya lagi media cetak, TV ataupun radio, namun media online sudah menjadi strategi utama untuk memasarkan sebuah bisnis. Terdapat banyak strategi pada dunia online yang dapat digunakan oleh suatu bisnis untuk memasarkan produknya. Dari mulai social media Ads (Facebook, Instagram, Twitter), optimasi SEO, AdWords, dan lainnya. Namun banyak dari pemilik bisnis yang mungkin belum menguasai atau mencoba langsung untuk mengimplementasikan semua strategi online tersebut. Maka dari itu, jasa konsultan untuk marketing sangat dibutuhkan saat ini. Dari mulai penyedia jasa website, sampai jasa optimasi SEO, ataupun SEM.

2. Bisnis Kuliner


Bisnis kuliner adalah salah satu bisnis yang “awet sepanjang masa” karena tentu semua manusia membutuhkan makan. Tidak berpengaruh dengan tren teknologi, bisnis kuliner tidak akan hilang karena tidak ada orang yang membutuhkannya lagi. Namun strategi bisnis kuliner yang mungkin kalah bersaing bisa membuat bisnis kuliner gagal. Sekarang ini banyak sekali bisnis kuliner yang mengedepankan “brand” sehingga mendapatkan perhatian yang banyak dari pasar. Apabila anda ingin  membuka jasa kuliner, perhatikan betul dan lakukan market research sebanyak-banyaknya agar anda mengerti apa saja yang sedang tren pada masyarakat dan bagaimana strategi marketing kompetitor anda. Dengan begitu, anda dapat bersaing ditengah kompetisi tinggi bisnis kuliner.

3. Layanan Online 


Saat ini semua hal dapat dialihkan dan dibantu dengan sistem online. Layanan-layanan konvensional bahkan semuanya dapat dibantu dengan sistem online saat ini. Mulai dari pelayanan seperti jasa bersih-bersih, jasa antar, percetakan online, atau bahkan jasa kursus online. Semua bisa anda dapatkan dengan hanya dengan beberapa klik yang anda lakukan pada search engine anda. Teruslah mencari layanan berbasis online apa yang sekiranya dibutuhkan masyarakat dan menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Seperti bagaimana Gojek menjadi solusi transportasi yang tidak teratur di ibu kota.

4. Layanan Jasa Titip


Perempuan pada dasarnya akan selalu mempunyai naluri untuk berbelanja, tentunya dengan pengorbanan yang sedikit dan mendapatkan manfaat sebesar-besarnya. Apabila anda belum pernah dengar, jasa titip adalah layanan dengan membelikan suatu barang pada tempat tertentu. Kebanyakan dari orang saat ini, mereka akan buka Pre-Order Jasa Titipan ketika mereka mengunjungi suatu tempat yang tidak semua orang dapat pergi kesana. Baik itu luar kota, pulau atau negara lain. Produk yang biasanya di titip belikan bisa berupa kosmetik, pakaian, makanan ringan dan segala hal yang terlihat langka dan berbeda. Peluang bisnis ini bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan, karena anda tidak perlu susah-susah membeli atau bahkan membuat produk sendiri, cukup mengupload pada sosial media anda, promosikan dengan baik dan orang akan memesan sesuai dengan kebutuhan mereka.

5. Konten Kreator 


Internet sudah menjadi media yang tersentralisasi dimana semua orang akan mengakses setiap hari. Jutaan konten juga diakses setiap harinya dari mulai berita, video, film dan lainnya. Maka dari itu anda bisa mencoba menjadi salah satu konten kreator. Baik itu tulisan dalam bentuk blog, online media, atau membuat YouTube Channel. Pemasukkan dari konten kreator didapatkan dari endorse atau iklan. Menjadi konten kreator tidak membutuhkan banyak modal untuk peralatan. Anda bisa bermodalkan laptop, kamera handphone pribadi dan waktu untuk mengolah konten menjadi menarik agar mendapatkan viewers dan engagement yang bagus.

6. Bisnis Produk Natural dan Tradisional 


Kampanye cinta bumi, back to earth, ataupun zero waste saat ini sedang berkembang pesat. Semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya keberlangsungan hidup planet Bumi. Bisnis dengan nuansa natural, organik dan tradisional saat ini juga dapat menjadi peluang bisnis yang bagus. Berbagai produk bisa anda coba buat menggunakan bahan-bahan natural, seperti pakaian, perlengkapan mandi (sabun, shampoo, pembersih muka), atau kemasan-kemasan yang eco-friendly.

Berikut tadi beberapa peluang bisnis tahun 2019 yang harus diketahui oleh para pebisnis. Bisnis-bisnis tersebut terbukti pada tahun 2018 disukai pasar dan berpotensi untuk berkembang. Anda sudah mempunyai ide bisnis apa yang akan anda coba lakukan di tahun 2019 ini? (Selena Dennysal/Pen).

Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca, semua isi konten menjadi tanggung jawab penulis.

Posting Komentar untuk "6 Peluang Bisnis Tahun 2019 yang Harus Diketahui Para Pebisnis"