Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Tubuh Anda

Inilah 7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Tubuh Anda
Berkebun - merupakan salah satu aktivitas atau kegiatan yang menyehatkan yang bisa dilakukan di sela-sela pekerjaan rutin Anda. Waktu terbaik untuk berkebun yaitu pada waktu pagi hari atau siang hari. Dengan memiliki kebun sendiri, maka lingkungan Anda akan terlihat indah, sejuk dan segar. Selain itu, berkebun memiliki dampak positif terhadap kesehatan. Lalu, apa manfaat berkebun yang baik bagi kesehatan tubuh?

Ada banyak kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan di pagi hari dan saat liburan kerja seperti olahraga, bersepeda, berenang, santai dan berkebun. Tak sedikit dari kita memiliki hobi unik yaitu berkebun. Bagi anda yang tidak memiliki hobi berkebun, mulailah menyukai hobi yang sehat. Karena ternyata, berkebun memiliki efek yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh Anda. Berikut 7 manfaat besar berkebun untuk kesehatan tubuh Anda:

Memperbaiki Kesehatan Organ Jantung. Berkebun bisa dikategorikan sebagai aktivitas fisik dengan intensitas sedang. Meski begitu, menghabiskan setidaknya 30 menit setiap hari hanya untuk berkebun bisa terhindar dari serangan jantung atau stroke serta memberi makan hati Anda.

Mengurangi tingkat stres. Berbagai kegiatan berkebun seperti menanam tanaman baru, menyiram, memotong tanaman yang sudah tinggi dan menyediakan media tanam baru dapat mengalihkan perhatian Anda dari pekerjaan sehari-hari di kantor yang tidak pernah berakhir.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kegiatan berkebun hampir seperti aktivitas olahraga tanpa Anda sadari. Karena itu, kesehatan tubuh Anda terjaga setiap hari. Selain itu, tubuh akan terkena sinar matahari pagi yang merupakan sumber vitamin D yang sangat baik untuk penyerapan kalsium untuk tulang Anda.

Menghindari Hipertensi. Tekanan darah tinggi (hipertensi) tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh Anda. Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute's, berkebun telah terbukti cukup efektif untuk mencegah tekanan darah tinggi.

Sangat Efektif Membakar Kalori. Bagi anda yang enggan berolahraga setiap hari, maka berkebun menjadi solusi sehat yang bisa anda ambil. Beragam kegiatan berkebun yang sangat sibuk bisa membakar banyak kalori di tubuh Anda.

Menjadikan harimu lebih bahagia. Ada kebahagiaan saat melihat lingkungan sekitar rumah Anda terlihat asik dan asri. Karena kebun Anda selalu menumbuhkan bunga-bunga indah yang berwarna-warni di dalamnya.

Menghindar penyakit Alzheimer. Alzheimer atau penurunan fungsi otak akibat bertambahnya usia bisa Anda hindari sebelumnya dengan kebiasaan berkebun. Belum ada penjelasan ilmiah yang bisa diungkapkan. Namun nyatanya, berkebun merangsang otak untuk selalu berpikir kreatif dan membuat seseorang menjadi super aktif.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Tubuh Anda"