Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Gejala Yang Harus diwaspadai Saat Sedang Mengalami Darah Nifas

8 Gejala Yang Harus diwaspadai Saat Sedang Mengalami Darah Nifas
Nifas merupakan salah satu siklus yang terjadi hanya pada wanita setelah melahirkan selama 40 hari. Hal ini tidak pernah dirasakan oleh laki-laki karena sudah menjadi kodrat perempuan sebagai makhluk yang dapat mengandung dan melahirkan. Inilah kekuatan wanita yang tidak diberikan Allah kepada laki-laki. Dalam masa nifas ini perempuan dibebaskan untuk tidak melakukan kewajiban ritual ibadah kepada Allah (bahkan diharamkan) dan juga tidak melakukan kewajibannya untuk melayani suaminya.

Beberapa hari setelah melahirkan, biasanya wanita akan mengalami darah yang keluar dari kemaluannya, inilah yang kemudian disebut sebagai darah nifas tau sebutan lainnya lokia. Ada beberapa gejala yang biasanya terjadi kepada wanita ketika ketika sedang nifas dan harus diwasapadai dan disarankan untuk sesegera mungkin mengkonsultasikan dengan dokter. Gejala-gejala tersebut adalah sebagai berikut:

1. Anda memilik darah nifas yang berbau tidak sedap (berbau agak busuk)

2. Saat sedang nifas anda demam atau merasa kedinginan

3. Darah yang keluar terdapat gumpalan yang besar

4. Anda mengalami pusing atau bahkan sampai pingsan

5. Jantung berdetak cepat atau berdetak tidak teratur

6. Saat menekan bagian bawah satu atau kedua sisi perut terasa nyeri

7.  Keluarnya darah yang berwarna merah terang dan tetep masih banyak dalam waktu seminggu setelah melahirkan atau keluar selama empat hari berturut-turut setelah melahirkan walau sudah istirahat yang cukup.

8. Secara tiba-tiba keluar darah nifas yang sangat banyak sehingga anda harus melakukan penggantian pembalut dalam waktu satu jam.

Seorang wanita yang mengalami 8 keadaan di atas setelah melahirkan, maka sudah seharusnya mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter terdekat, karena dikawatirkan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Keluarnya darah nifas setelah persalinan merupakan hal yang wajar dialami oleh setiap wanita setelah melahirkan, namun sebagai seorang wanita tetap harus waspada dan jangan ragu untuk melakukan konsultasi kepada dokter jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan terkait dengan kondisi tubuh.

Posting Komentar untuk "8 Gejala Yang Harus diwaspadai Saat Sedang Mengalami Darah Nifas"