Seni Bela Diri Tiongkok Dengan Gerakan Islam - Grand Master Hui Ma Xianda dan Wang Zi-Ping

Seni Bela Diri Tiongkok Dengan Gerakan Islam - Grand Master Hui Ma Xianda dan Wang Zi-Ping
Budaya Cina adalah salah satu budaya tertua di dunia dengan tradisi yang luas dan beragam. Bagian tak terpisahkan dari budaya, yang telah dikembangkan selama berabad-abad, adalah seni bela diri Cina. Seni bela diri Cina, atau juga dikenal sebagai Wu Shu dan Kung Fu, termasuk ratusan gaya bertarung. Masing-masing terinspirasi oleh berbagai agama, filosofi, dan legenda Cina.

Salah satu filsafat tradisional adalah untuk menyelaraskan energi internal dan eksternal dan untuk mencapai kesempurnaan fisik dan spiritual. Keluarga Hui, yang merupakan kelompok etnis Muslim Cina, terinspirasi oleh tradisi Nabi Muhammad saw. di mana ia berkata: “Orang kuat bukanlah pegulat yang baik; Orang kuat hanya orang yang mengendalikan dirinya saat dia marah.”

Para anggota Hui didorong untuk menciptakan perpaduan antara keyakinan Islam dan tradisi Tiongkok, seni bela diri Hui. Grand master baru lahir dan tidak akan lama sampai mereka mencapai tingkat tertinggi Wu shu. Berikut dua contoh master besar Hui yang lebih dari mengesankan.

Ma Xianda


Salah satunya adalah Grandmaster Muslim Ma Xianda. Ma Xianda lahir pada tahun 1932 di provinsi Hebei, China. Dia termasuk generasi keenam dari keluarga Hui yang terkenal dari seniman bela diri dan beberapa master yang telah mencapai tingkat tertinggi dalam seni bela diri Tiongkok, yaitu Duan ke-9. Dia adalah salah satu yang pertama dan termuda pada saat itu untuk menerima pangkat ini. Ayah dan pamannya mulai melatihnya pada usia lima tahun. Grandmaster Ma belajar banyak gaya tradisional Wu Shu dan belajar tinju, gulat Mongolia (Shuaj Jian) ​​dan anggar.

Diperkirakan dia mengajar sekitar 10.000 siswa selama karirnya, termasuk Zhao Chanjun dan Jet Li.
Pada tahun 1980 ia menjadi pelatih seni bela diri dan koreografer utama untuk film The Shaolin Temple yang dibintangi Jet Li. Selain itu, lebih dari dua puluh siswa dia mendapatkan gelar Wu Ying, 'Pahlawan Bela Diri'. Ini adalah gelar yang diberikan kepada atlet yang telah menempatkan lebih dari satu kali di posisi tiga teratas di kejuaraan nasional Cina. Kedua putranya adalah juara nasional juga. Ini lebih seperti warisan keluarga.

Wang Zi-Ping


Seni Bela Diri Tiongkok Dengan Gerakan Islam - Grand Master Hui Ma Xianda dan Wang Zi-Ping
Grandmaster Muslim lain yang harus disebutkan adalah Wang Zi-Ping. Ia lahir pada tahun 1881 dan hidup sampai 1973. Selama hidupnya ia telah menghidupkan kembali gelar "Singa Kung Fu Cina". Meskipun ayah dan kakeknya adalah seniman bela diri terkenal. Mereka menolak untuk mengajar Zi-Ping. Mereka tidak ingin dia mengalami penderitaan yang harus mereka lalui. Wang Zi-Ping di sisi lain sangat bersemangat tentang hal itu dan mulai berlatih sendiri ketika dia berusia tujuh tahun.

Dia membuat keputusan untuk bepergian ke seluruh negeri. Selama perjalanannya ia dipilih untuk berlatih di bawah guru Wu Shu Yang Hong Xiu. Banyak yang berani menantangnya dalam perkelahian tetapi dia tetap tak terkalahkan. Pekerja Jerman, sekelompok pemain Judo dan seorang Amerika bernama Sullivan tidak bisa menang darinya. Setelah revolusi tahun 1949 ia dihormati sebagai pahlawan dan diangkat sebagai Wakil dari Kongres Rakyat Multicipal Shanghai, Wakil Presiden Asosiasi Whu Shu Nasional dan sebagai anggota Federasi Olahraga Seluruh China.

Ma Xianda dan Wang Zi-Ping hanyalah dua contoh daftar panjang Grandmaster Muslim dan contoh lain tentang bagaimana Muslim mengambil bagian dalam aspek kehidupan yang lebih dari yang Anda kira. Banyak seniman bela diri di seluruh dunia tidak hanya mengagumi mereka, mereka adalah inspirasi dan motivasi bagi mereka. Pengaruh Grandmaster ini tidak akan pernah terlupakan.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama