Berke Khan, Penguasa Mongol yang Pertama Masuk Islam

Berke Khan, Penguasa Mongol yang Pertama Masuk Islam
Pengetahuan kita tentang sejarah Islam sebagian besar terfokus pada dunia Arab. Studi Islam di universitas barat kebanyakan memiliki pendekatan Arab dan Sunni, meskipun ada banyak perbedaan dalam Islam, dan orang Arab hanya terdiri dari sekitar 20 persen Muslim saat ini. Bahkan dalam studi sejarah Islam, jarang ada fokus pada tokoh-tokoh Islam non-Arab, dan jika ada, itu tidak pernah diulas secara detail. Untuk sedikit memperbaiki bias ini, maka kami akan memaparkan biografi singkat Berke Khan, seorang penguasa Mongol yang pertama memeluk Islam, dan ringkasan konfliknya yang sangat pribadi dengan keponakannya yang bernama Hulagu.

Siapa Berke Khan?


Berke Khan (lahir pada abad ke-13, namun tanggal pasti kelahirannya belum diketahui) adalah cucu dari Djenghis Khan dari putra sulungnya Jochi. Djenghis Khan adalah pendiri kerajaan Mongol dan panglima perang terkenal. Ada beberapa ketidaksepakatan tentang keturunan Jochi. Börte, istri Djenghis Khan diculik oleh suku saingan setelah pernikahannya. Dia tetap tinggal dengan suku saingan selama beberapa bulan sampai Djenghis menyelamatkannya. Sembilan bulan kemudian dia melahirkan Jochi, yang membuat ragu adalah, apakah Jochi adalah putra Djenghis atau putra dari orang yang menculik Börte, kemudian membawanya sebagai ‘istri’.

Meskipun demikian, Djenghis mengklaim Jochi sebagai putranya. Jochi adalah seorang pemimpin militer ulung dan sangat berkontribusi terhadap penaklukan Asia Tengah oleh Ayahnya. Jochi memiliki setidaknya empat belas putra dan dua putri oleh keempat istrinya. Djenghis Khan membagi kerajaannya di khanat, masing-masing khanat diperintah oleh seorang putra setelah kematiannya. Jochi meninggal enam bulan sebelum Djenghis. Khanate barat yang akan diperintah oleh Jochi sebagaimana telah diputuskan, diberikan kembali kepada putra sulung Jochi yang bernama Batu. Namun, setelah kematian Batu, maka Berke Khan menggantikan posisinya dan berhasil menjadi khanate, kemudian dikenal sebagai 'Golden Horde'. Berke memerintah Golden Horde secara mandiri. Dia adalah penguasa Mongol pertama yang memeluk Islam. Dia meninggal pada tahun 1266.

Memeluk Agama Islam


Sementara di kota Saray-Jük, di barat jauh Kazakhstan saat ini, Berke Khan bertemu dengan kafilah yang datang dari kota Bukhara. Dia lantas bertanya tentang iman para musafir itu. Kemudian para musafir itu, melalui seorang sufi yang bernama Sufi Sheikh, meyakinkannya untuk memeluk Islam. Saudara Berke, Tukh-Timur, juga masuk Islam. Berke Khan adalah orang Mongol pertama yang menerima Islam.

Perang dengan Hulagu


Keponakan Berke Khan, Hulagu, memerintah Persia bagian utara dan diberi instruksi oleh saudara lelakinya Mongke untuk memasukkan daerah itu dari Persia ke Mesir ke dalam Kekaisaran Mongol. Pada tahun 1256, Hulagu berangkat dengan pasukan kurang lebih 100.000 orang, yang pertama-tama menuju ke benteng-benteng gunung Ismailiyah, sebuah sekte Syiah. Dalam waktu satu tahun Ismailiyah menyerah, dan pemimpin mereka, Rukn ad-Din Kurshah, ditangkap dan dibunuh. Hulagu kemudian mengalihkan perhatiannya ke Irak, dan mengirim surat kepada khalifah al-Mustasim untuk tunduk ke wilayah pemerintahan Mongol. Khalifah tentu saja menolak.

Hulagu menuju Irak, dengan tekad untuk menundukkan khalifah. Beberapa wilayah Syiah di Irak yang terasing dari kekhalifahan, menunjukkan sedikit rasa hormat terhadap komunitas mereka. Akibatnya, kota-kota besar yang didiami oleh warga Syiah seperti Najaf, Karbala, dan Mosul, menyerah kepada bangsa Mongol tanpa perlawanan. Pada bulan Januari 1258, seluruh pasukan Hulagu tiba di Baghdad. Bangsa Mongol merebut kota itu dalam waktu dua minggu. Sebulan kemudian al-Mustasim dieksekusi. Baghdad, kota yang megah, kota tempat para intelektual dan seniman, kota yang telah berdiri selama lebih dari enam abad, dihancurkan dan dibakar habis. Banyak warga Baghdad dibantai.

Ketika berita ini sampai di negara-negara Muslim tetangga, mereka menyerah tanpa perlawanan terhadap Mongol karena takut. Suriah segera dimasukkan ke wilayah penaklukan Hulagu. Ketika Berke Khan mendengar tentang kantong Baghdad, pembantaian warganya yang Muslim, dan penaklukan kota-kota Muslim lainnya, dia marah, dan bersumpah untuk membalas dendam:

“Dia (Hulagu) telah menghancurkan semua kota Muslim. Dengan bantuan Tuhan, aku akan memanggilnya untuk mempertanggungjawabkan begitu banyak darah tak berdosa. ”

Hulagu takut akan invasi oleh Berke, dan dengan demikian mundur kembali ke Persia, meninggalkan sebuah garnisun kecil di Suriah. Pada 1260 orang-orang Mongol menaklukkan sebagian besar Suriah dan berangkat lebih jauh ke Selatan, untuk menundukkan Palestina, di mana mereka telah berhasil. Namun pasukan mereka yang tampaknya tak terkalahkan itu dihentikan oleh orang-orang Turki Mamluk, yang pada waktu itu menguasai Mesir, Kairo menjadi ibu kota mereka. Sultan Mamluk Qutuz mengirim salah seorang jenderalnya, Baybars, ke Palestina. Mamluk mengalahkan bangsa Mongol dan dengan demikian menghentikan ekspansi wilayah penaklukan Mongol. Jenderal Mongol ditangkap dan dieksekusi. Mamluk segera merebut kembali Palestina dan Suriah.

Hulagu ingin membalas dendam atas kekalahan pasukannya di Palestina, dan sedang mempersiapkan perang, tetapi tidak dapat berurusan dengan Mamluk karena Berke Khan meluncurkan serangkaian serangan terhadap kerajaan Hulagu di wilayah Kaukasus, memaksa Hulagu untuk menghadapinya. Berke masih marah karena penghancuran kota Baghdad. Serangan-serangan itu menghasilkan perang terbuka antara Berke dan Hulagu, konflik semakin intensif karena keduanya masing-masing mendukung penuntut lain untuk memerintah khanat timur (Cina masa kini dan Mongolia). Hulagu mendukung saudaranya, Kublai, sementara Berke setia pada saudara Hulagu lainnya yaitu Ariqboke. Kedua pengadu bergabung dengan pendukung mereka dalam perang, tetapi akhirnya, Ariqboke menyerah kepada Kublai. Hulagu dan Berke Khan menderita kekalahan serius dalam perang.

Meskipun Ariqboke tidak menjadi khan dari khanat timur, Berke berhasil menghancurkan impian Hulagu tentang kekaisaran Timur Tengah yang termasuk Mesir. Perang masih berlangsung ketika Hulagu meninggal pada tahun 1265. Beberapa bulan kemudian, Berke meninggal juga, pada tahun 1266. Hulagu mampu mengkonsolidasikan kekuasaannya di Persia sebelum kematiannya, dinastinya Ilkhanid menguasai Persia hingga tahun 1335. Para penerusnya menjadi Islam. Mengu-Timur, keponakan lain Berke, menggantikannya sebagai khan dari Golden Horde. Intervensi Berke terhadap Hulagu, yang memaksa yang terakhir mengalihkan perhatiannya dari Mamluk di Barat ke konflik dengan Berke di Timur, menghentikan ekspansi lebih lanjut dari kerajaan Hulagu, dan mencegah hilangnya lebih lanjut tanah Muslim, sehingga kota-kota Muslim lainnya tidak bernasib sama seperti Baghdad.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama