Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Temukan 6 Manfaat Mengkonsumsi Beras Merah

Temukan 6 Manfaat Mengkonsumsi Beras Merah
Bila anda tengah mencari alternatif untuk ganti beras putih yang umumnya disantap didalam rumah, ada sekian banyak pilihan penggantinya, salah satunya yaitu beras merah. Beragam riset mengatakan jika kandungan gizi beras merah sangat baik dibanding beras putih.

Kandungan gizi beras merah adalah; glikemik indeks: 55, hanya kulit luar yang dipisahkan, kandungan serat 1,6 % yakni 6 kali lebih tinggi dari beras putih, kandungan zat besi 2x lebih tinggi dari beras coklat, kandungan zink 6x lebih tinggi dari beras coklat.

Dari kandungan gizi yang ada di dalam beras merah, maka manfaat dari mengkonsumsi beras merah adalah sebagai berikut:

Memelihara berat badan


Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi, hingga ampuh untuk memperlancar penceranaan serta buang lemak berlebihan yang mengendap di perut serta usus besar. Diluar itu tingkat kalorinya juga cukuplah rendah, hingga gampang untuk di proses oleh badan berubah menjadi energi serta sedikit yang tersisa berubah menjadi lemak.

Mengendalikan kolesterol serta gula darah 


Tidak hanya serat yang tinggi, kandungan kalori pada beras merah sangat rendah bila dibanding dengan beras putih, oleh karena itu pada umumnya makin lebih menyehatkan buat tubuh serta lebih aman untuk dikonsumsi oleh pasien diabetes.

Memelihara ketahanan tubuh 


Vitamin B yang terdapat pada beras merah bisa menolong pembentukan sel darah merah, sterotonin serta metabolism karbohidrat. Tidak cuma itu saja, kandungan mineralnya seperti zat besi, zinc serta mangan berguna juga untuk tingkatkan stamina badan.

Memelihara kesehatan tulang 


Beras merah memiliki kandungan dua zat hebat, yakni kalsium serta magnesium. Kedua-duanya memiliki fungsi terpenting dalam proses pembentukan tulang serta ampuh untuk melindungi kesehatan tulang, gigi, dan menahan osteoporosis.

Antioksidan alami 


Zat besi serta mangan dan zat antosianin yang ada di beras merah merupakan sumber anti-oksidan alami yang bermanfaat menahan rusaknya beberapa sel badan dari radikal bebas

Melindungi kesehatan jantung 


Beras merah masuk dalam jenis produk whole grain atau biji-bijian utuh. Ini berarti jenis biji-bijian yang tidak mengalami proses pengolahan atau penggilingan, hingga sejumlah besar bagian dari biji itu masih tetap utuh serta dapat dikonsumsi. Biji-bijian utuh sendiri diakui bisa menghindarkan penyakit kritis seperti penyakit jantung, karena senyawa lignan yang terdapat di dalamnya dapat turunkan lemak darah, tekanan darah dan peradangan di arteri.

Di balik kedahsyatan kandungan gizi beras merah, nyatanya ada satu masalah dalam mengkonsumsi bahan makanan satu ini, yakni langkah pengolahannya. Karena beras merah tidak lewat proses penggilingan seperti beras putih, membuatnya lebih susah diolah. Beras merah memiliki kandungan serat yang tinggi hingga memerlukan waktu yang lebih lama untuk membuatnya lembut. Meskipun dikit menantang, tetapi bukan suatu yang tidak mungkin dikerjakan. Terlebih saat ini sudah banyak resep menarik dengan bahan dasar beras merah yang dapat anda mencobanya, jadi tidak butuh kuatir lagi untuk berpindah mengkonsumsi beras merah

Posting Komentar untuk "Temukan 6 Manfaat Mengkonsumsi Beras Merah"