Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Menghormati Teman Kerja Menurut Islam

Etika Menghormati Teman Kerja Menurut Hukum Islam
Berkerja di kantor atau perusahaan bukan hanya tentang etika menghormati atasan saja yang harus dilakukan, sementara menghormati sesama teman pekerja sendiri dilupakan. Menganggap remeh  tak perlu diperlakuan baik. Diterangkan pada sebuah ayat yang berbunyi, ‘’Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.’’ (AS Hujurat:10)

Mengulik dari ayat tersebut, tergambar jelas bahwa kita sebagai orang iman itu bersaudara, dan harus menjaga hubungan baik, hidup damai, agar selalu mendapat rahmat dari Allah. Jika berbicara tentang ini, banyak sikap dan perbuatan yang harus ditanamkan pada diri sendiri, supaya keadaan indah itu benar-benar menjadi kenyataan.

1. Saling Menghormati


Sikap ini perlu diterapkan pada semua orang yang tergabung dalam satu perusahaan, bahwa saling menghormati, menjaga perasaan itu sangat penting. Hubungan yang indah berdampak baik pada jalinan kerjasama antar teman dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Coba bandingkan dengan mereka yang bermusuhan satu sama lain, bersaing tak sehat saling menjatuhkan. Bukan saja akan kehilangan pekerjaan, sebab merasa tak nyaman akhirnya keluar dari perusahaan. Di masa yang akan datang bila membutuhkan pertolongan teman juga akan kesulitan, karena menanamkan kenangan buruk.

2. Ringan Tangan Dan Peduli


Menjadi pribadi dengan sikap ringan tangan dan peduli merupakan sikap disukai banyak orang. Memiliki empati yang tinggi terhadap masalah dan kesulitan teman. Jika seorang teman mengalami masalah, dan merasa tidak dapat membantu mencarikan solusi lebih baik diam dan jangan bergunjing tentang persoalannya tersebut, sebab akibatnya Anda akan memicu perkara baru dengan dirinya, karena orang yang tengah dirundung masalah, pada umumnya menjadi gelap mata, bisa berlaku buruk pada orang lain, bila orang tersebut tidak mempunyai pemahaman agama yang baik.

3. Tidak Suka Membicarakan Keburukan Teman


Di dunia ini tak ada seorangpun orang yang mau mendengar orang lain membicarakan keburukannya, apalagi sampai menjadi selebritis dadakan, menjadi pusat perhatian banyak orang. Karena perasaan buruk itu memang tidak nyaman, meski ada sebagian pribadi yang bijak menyikapi. Namun faktanya tidaklah demikian. Bila Anda merasa mempunyai masalah dengan teman sesama di kantor, alangkah baiknya dibicarakan dengan baik dengan santun, ungkapkan isi hati Anda pada teman tersebut itu solusi terbaik, daripada harus bergosip di belakang, yang akibatnya akan memicu terjadinya salah paham.

4. Tidak Suka Meminta Barang Gratis


Jangan menjadi orang yang bermental miskin, yang bisa mengenai siapa saja tidak peduli siapapun. Meminta barang gratis dan sering dilakukan dalam sebuah pertemanan itu sangat menjengkelkan teman Anda. Bayangkanlah jika hal tersebut juga Anda alami, bagaimana perasaan hati Anda? Di samping itu sifat demikian hanya akan merendahkan diri sendiri, membuat Anda dijauhi teman dan Andapun semakin tidak dihormati oleh teman.

5. Selalu Meminta Bantuan Atas Pekerjaan Yang Dibebankan


Semua orang yang berkerja masing-masing telah dibebani dengan tugas pekerjaan sendiri-sendiri, begitupun yang terjadi pada Anda dan teman-teman di kantor. Jika Anda mungkin masih berstatus jadi pegawai baru, menemukan tugas yang belum dimengerti, bertanya pada teman tak masalah. Hanya saja yang perlu diingat jangan terlalu sering dilakukan. Sebab hal tersebut pasti dapat membuat teman kesal dan marah, sadarilah mereka juga mempunyai kewajiban untuk berkerja.

Posting Komentar untuk "Etika Menghormati Teman Kerja Menurut Islam"