Al-Khawarizmi: Salah Satu Matematikawan Muslim Paling Terkenal dalam Sejarah

Al-Khawarizmi: Salah Satu Matematikawan Muslim Paling Terkenal dalam Sejarah
Matematika adalah ilmu pasti yang secara umum didefinisikan sebagai 'cara mempelajari pola dan struktur'. Kata kerja ‘to cipher’ misalnya berasal dari bahasa Arab ‘sifr’ yang diterjemahkan menjadi ‘nol’ atau ‘kosong’. Angka sepuluh dan angka nol khususnya memiliki akar Arab. Banyak ilmuwan Muslim telah membangun dasar-dasar sistem matematika yang telah menunjukkan kegunaan besar dari angka-angka tersebut.

Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizmi


Hampir setiap ilmuwan Muslim telah menghabiskan sebagian waktunya untuk penelitian matematika. Bagaimanapun, itu adalah cara untuk memberikan wawasan dan alat untuk beralih ke bidang ilmiah lain.

Al-Khwarizmi merupakan salah satu matematikawan paling terkemuka dalam sejarah peradaban manusia dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Al-Khwarizmi adalah seorang matematikawan Arab yang hidup sekitar tahun 780 hingga 850. Namanya merujuk ke tempat kelahirannya 'Khwarizm'. Saat ini dikenal sebagai 'Khiva', sebuah kota di Uzbekistan di perbatasan dengan Turkmenistan. Sayangnya, hanya sedikit informasi yang tersedia tentang kehidupan sosialnya.

Dia bekerja di 'بيت الحكمة - House of Wisdom' (rumah kebijaksanaan yang merupakan perpustakaan, lembaga penerjemahan dan pusat penelitian) yang didirikan di kota Baghdad oleh khalifah Muslim al-Mamun. Karyanya terutama terdiri dari menerjemahkan manuskrip ilmiah dari Yunani kuno, Ibrani dan Romawi dari Kekaisaran Bizantium ke dalam bahasa Arab. Selanjutnya Al-Khwarizmi mengkhususkan diri dalam astronomi dan matematika.

Di benua Eropa, nama Al-Khawarizmi berasimilasi menjadi ‘Algorismi’ dimana nama 'algoritme' diturunkan. Algoritma kemudian menjadi berguna dalam pembuatan perangkat lunak komputer. Komputer membutuhkan algoritma untuk menghitung dalam sistem biner. Hari ini, kita tidak bisa lagi membayangkan dunia tanpa komputer. Al-Khwarizmi telah memiliki andil yang signifikan dalam kecerdasan teknologi ini dimana kita sebagai masyarakat digital mendapat untung saat ini.

Sumbangan Al-Khawarizmi


Sumbangan Al-Khawarizmi untuk matematika, geografi, astronomi, dan kartografi menjadi dasar untuk inovasi dalam aljabar dan trigonometri. Karena kontribusinya terlalu banyak namun di sini saya tidak menjelaskannya, hanya merujuk secara umum pada beberapa buku yang paling terkenal.

Al-Khawarizmi menulis sebuah buku tentang algoritma yang berjudul 'Kitab Al-Jam wal-tafriq bi hisab al-hind' namun buku asli tersebut terbakar pada masa invasi Mongol - hanya terjemahan Latin yang tersisa, yaitu; 'Algoritmi de numero indorum'.

Dalam buku ini ia menggambarkan sistem posisi yang berasal dari umat Hindu berdasarkan simbol untuk angka 1 hingga 9, dan juga untuk angka 0. Penggunaan pertama dari angka 0 dalam sistem posisi mungkin merupakan kontribusi dari al-Khwarizmi sendiri.

Dia juga menulis buku geografi yang disebut 'Kitab surat al-ard', yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis yaitu 'Konfigurasi de la Terre', atau hari ini hanya dikenal sebagai 'geografi'. Dalam buku ini dia membahas dan menghitung garis bujur dan garis lintang sekitar 2400 situs untuk membentuk dasar bagi peta dunia. Dalam disiplin ilmiah ini ia memperbaiki karya Ptolemy yang terkenal. Namun, peta Al-Khwarizmi jauh lebih akurat daripada Ptolemy, bahkan yang paling konsisten dengan peta dunia yang kita gunakan saat ini.

Kontribusi Al-Khwarizmi terhadap trigonometri diperlihatkan secara rinci dalam bukunya ‘Zīj al-Sindhind’. Dalam buku ini terdapat daftar tabel trigonometri untuk 'Sind' dan 'Hind', lebih dikenal sebagai 'Sinus' dan 'Cosinus' yang sekarang menjadi dasar dari hampir semua rumus trigonometri. Dalam buku ini ia menggunakan tabel astronomi trigonometri yang dibuat untuk menginterpretasi pergerakan matahari, bulan dan planet-planet yang diketahui (Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturnus).

Aljabar Al-Khawarizmi


Selain itu, salah satu tulisan yang paling terkenal dari tulisan-tulisannya adalah ‘Hisab al-jabr w'al muqabala’. Al-Jabr berarti 'restorasi' dan Barat mengambil istilah ini sebagai 'al-gabr' dan dari kata inilah yang kemudian menjadi asal dari kata 'aljabar'. Ini sebenarnya buku pertama tentang aljabar.

Dalam buku ini Al-Khawarizmi mendemonstrasikan bagaimana menerapkan metode aritmatika untuk menyederhanakan hal-hal sehari-hari seperti pewarisan, pengukuran lahan pertanian, perdagangan, penggalian kanal, perhitungan geometri dan sebagainya.

Al-Khawarizmi kemudian melanjutkan penelitiannya hingga sampai pada hitungan yang kita sebut 'persamaan kuadrat'. Sebagian besar bukunya dikhususkan untuk memecahkan persamaan rumit semacam itu. Kata ‘al-jabr’ secara harfiah berarti ‘menyatukan tulang yang patah” dan pada gilirannya berasal dari kata kerja ‘djabara’ yang berarti ‘bersatu kembali’. Makna etimologis aljabar menggambarkan tujuan yang mendasari bidang ini, yaitu solusi persamaan linear dan kuadrat dengan hanya satu faktor yang tidak diketahui, dan pemecahan 'tanda kurung' yang mengamati 'urutan operasi'.

Bagian rumit dari bukunya yang luas itu adalah ia mendefinisikan segala sesuatu dengan kata-kata sementara ia hampir tidak pernah menggunakan simbol untuk variabel-variabelnya, yang membuat bukunya sangat sulit dibaca oleh para matematikawan saat ini. Namun, ini semua berhubungan dengan fakta bahwa belum ada "bahasa ilmiah" di saat itu. Untuk mendukung bukti, dia menggunakan metode geometri untuk membantu pembacanya membentuk bayangan mental.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama