Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Permainan Tradisional yang Baik Untuk Kesehatan

Beberapa Permainan Tradisional yang Baik Untuk Kesehatan
Saat ini permainan tradisional sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan oleh anak Indonesia, padahal permainan tradisional itu sangat baik bagi pertumbuhan, baik itu dari segi kesehatan maupun dari segi sosial. Permainan tradisional saat ini sudah digantikan oleh permainan gandget yang tidak begitu merangsang pertumbuhan otak, apalagi pertumbuhan sosial.

Bagi kamu yang masih suka bermain permainan tradisional, apasih permainan yang paling kalu sukai? Mungki jawaban yang kamu miliki sangatlah beragam, misalnya kamu suka permainan gundu atau tapak gundu. Permainan tradisional selain memberikan kesenangan jiwa, juga melibatkan aktifitas fisik sehingga membuat tubuh menjadi sehat, segar dan bugar.

1. Bermain Layang-layang


Bermainan layang-layang merupakan salah satu aktifitas fisik, karena biasanya diawali dengan berlari untuk menaikkan layang-layang ke udara. Tanpa diadari bahwa hal tersebut telah membuat telah membuat kamu bergerak secara aktif. Berlari pada dasarnya bukan hanya untuk membakar lemak, tetapi juga untuk menjaga persendian tubuh, menurunkan tingkat stres, menjaga kesehatan jantung, dan bisa juga untuk  meningkatkan stamina tubuh.

Selain kesehatan tubuh yang disebutkan di atas, bermain layang-layang juga untuk mengasah kreatifitas kamu, sehingga baik untuk meningkatkan pengembangan bakat dan minat yang ada dalam diri kamu.

2. Bermain Kelereng


Permainan kelereng atau sebutan lainnya permainan gunduk merupakan permainan yang dapat mengasah kemampuan motorik seseorang. Kegiatan dalam permainan gunduk seperti melempar kemudian menyentil, dapat melatih dua keterampilan sekaligus, yaitu motorik halus dan kasar, sehingga akan menjadi baik kemampuan motorik dalam koordinasi visual dan konsetrasi yang dimiliki. Tak hanya itu permainan ini juga akan melatih kognitif untuk memenangkan permainan.

3. Permainan karet


Permainan karet banyak bentuknya, namun yang sering kita lihat itu permainan karet lompat tali yang manfaatnya sangat baik untuk tulang dan otot tubuh manusia. Lompat tali ini adalah cara terbaik untuk kita mengaktifkan bagian atas tubuh. Seorang profesor Ilmu olahraga di Huntingdon College yang bernama Michele Olson, mengungkapkan bahwa "Segala putaran yang terlihat berasal dari pergelangan dan tangan, tapi sebenarnya membutuhkan lengan dan bahu atas untuk mengendalikan dan menstabilkan tali."

4. Bermain Egrang


Permainan engrang merupakan permainan tradisional yang populir di zamannya. Permainan yang satu ini sudah pasti mengharuskan pemainnya untuk belajar menyeimbangkan diri. Dari permainan ini kamu akan bergerak aktif akar tetap seimbang sehingga dengan itu makan baik untuk kesehatan.

5. Bermain Gobak sodor


Setiap daerah di Indonesia memiliki nama yang berbeda untuk permainan yang satu ini. Gobok sador biasanya dimainkan di lapangan yang berukuran 9 x 4 meter yang dibagi menjadi 6 bagian, atau bisa juga dimainkan di dalam lapangan bulu tangkis dengan acuan garis-garis yang telah ada di dalamnya. Permainan ini dibagi menjadi dua kelompok yang mengharuskan gerakan yang lincah dan gesit, karena akan ada pemain yang lari menghindari pemain yang sedang menghadang.

Jujur aja, waktu kamu masih kecil dulu atau waktu masih SD dulu permainan apa yang kamu paling suka diantara beberapa permainan di atas?

Posting Komentar untuk "Beberapa Permainan Tradisional yang Baik Untuk Kesehatan"