Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jalur Traveling ke Kepulauan Kei dan List Budgetnya

Jalur Traveling ke Kepulauan Kei dan List Budget
Kepulauan kei merupakan wilayah yang memiliki panorama alam yang masih 'perawan'. Kepulauan kei pernah mendapatkan penghargaan sebagai Surga Tersembunyi Terpopuler pada tahun 2016 dalam event Anugrah Pesona Indonesia.

Melalui berbagai macam promosi, baik itu melalui media sosial, blog, website, televisi, koran dan lain sebagainya, kepulauan kei saat ini keberadaannya sudah dikenal luas oleh wisatawan, baik itu wisatawan lokal maupun manca-negara. Bahkan kepulauan kei digadang-gadang sebagai pengganti pulau dewata bali.

Untuk itu bagi kamu yang ingin jalan-jalan atau berwisata ke kepulauan kei, silahkan datang kemari, dan nikmati titisan surga di bumi ini. Bagi kamu yang masih awan dengan daerah ini, saya akan sedikit mengulas tentang jalur ke kepualai kei dan biaya hidup selama berwisata di sini. Asal kamu bisa hemat maka budget yang kamu keluarkan tidak akan banyak kok (baca juga: Tips-tips Hemat Biaya Saat Traveling di Waktu Liburan)

Pulau-pulau Berpenghuni di Kepulauan Kei

Kepulauan kei memiliki beberapa pulau yang berpenghuni diantaranya adalah 1) Pulau Kei Kecil, 2) Pulau Kei Besar, 3) Pulau Dullah, 4) Pulau Tayando, 5) Pulau Tam, 6) Pulau Kur, 7) Pulau Tanimbar Kei, 8) Pulau Warbal, 9) Pulau Fair dan Pulau Ut, dan 10) Pulau Mangur.

Sedangkan pulau-pulau yang tidak berpenghuni masih banyak lagi, sebagian pulau tersebut sudah dijadikan sebagai tempat pariwisata dan sebagiannya lagi belum. Pulau-pulau yang berpenghuni dan tidak berpenghuni rata-rata masih miliki masyarakat adat suku kei.

Walau tekenal dengan pantainya yang indah, kepulauan kei juga memiliki tempat wisata alam yang indah pula, seperti air terjun bertingkat, air terjun di Desa Ad Kei Besar, dan lain-lain. Beberapa tempat wisata yang ketika anda berada di daerah ini bisa langsung berkunjung ke sana dengan cepat, yaitu; pantai Ngur Bloat, pantai ini terkenal dengan pasirnya yang terhalus se-Asia. Pantai Ngur Sarnadan, merupakan pantai yang berada di sebelah pantai Ngur Bloat. Air Goa Hawang, merupakan goa yang memiliki air jernih dan berwarna biru seperti batu safir. Pulau Ohoiew,  Pulau ini tepat berada di depan Ohoi Ngilngof yang sudah memiliki resort yang lengkap. Pulau Bair, kebanyakan orang mengatakan pulau ini sebagai Raja Ampatnya Kota Tual karena kemiripannya dengan tempat wisata paling terkenal di Raja Ampat Papua. Pulau Ngur Tavur, pulau ini terkenal dengan pasir timbunya yang berjarak hampir 1 kilometer ke laut.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata yang mantap untuk dikunjungi selain yang saya sebutkan di atas, tapi nanti saya akan ulas dalam artikel berikut disertai dengan gambar atau foto pendukung.

Jalur dan Budget Ke Kepulauan Kei

Jalur Traveling ke Kepulauan Kei dan List Budget

Perjalanan menuju ke kepulauan kei dapat dilakukan melalui dua jalur, yaitu jalur laut dan jalur udara. Jalur laut dapat ditempuh dengan kapal pelni. Kapal yang mengantar penumpang ke daerah ini adalah KM. Tidar dengan rute perjalanan; Pelabuhan Makassar - Pelabuhan Bau-bau - Pelabuhan Namlea - Pelabuhan Ambon - Pelabuhan Tual. Ada juga kapal pelni KM. Nggapulu
dengan rute perjalanan; Pelabuhan Tanjung Periok di Jakarta - Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya - Pelabuhan Makassar - Pelabuhan Bau-bau - Pelabuhan Ambon - Pelabuhan Banda Neira - Pelabuhan Tual.

Untuk harga tiket kapal dapat ditanyakan langsung di agen resmi PT. Pelni. Perjalanan menggunakan kapal laut masih terbilang murah, misalnya saja untuk saat ini harga tiket perjalanan dari pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya menuju ke Pelabuhan Tual masih berkisar Rp. 500.000 lebih.

Perjalanan melalui jalur udara dapat ditempuh dari masing-masing daerah kemudian akan transit di Kota Ambon. Nanti dari Bandara Patimura di Ambon anda akan menuju ke Bandara Karel Sadsuitubun Langgur di Ibra dengan pesawat Garuda Tipe ATR, pesawat Wings Air milik Lion, atau pesawat Trigana Air. Untuk harga tiket pesawat, silahkan dicek di travel, atau situs online yang tersedia.

Setelah sampai di pelabuhan tual, anda langsung bisa menggunakan jasa angkutan ojek atau angkutan umum untuk mencari hotel atau penginapan terdekat. Harga ojek untuk mengelilingi kota Tual dan Langgur berkisaran Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 15.000 tergantung jauh dekat jarak perjalanan. Untuk angkutan umum dalam hal ini mobil angkutan kota (mini bus) harganya terjangkau sekali yaitu berkisaran Rp. 4.000 untuk jarak jauh dan dekat, terkecuali jika angkutan umumnya dicarter (dipake sendiri), harganya akan berbeda lagi.

Untuk yang melakukan perjalanan melalui jalur udara, setelah sampai di Bandara Karel Sadsuitubun di Desa Ibra, anda bisa langsung menggunakan jasa ojek yang harga perjalanan dari bandara menuju ke Langgur berkisaran Rp. 50.000. Atau jika ingin lebih nyaman anda bisa menggunakan mobil rental, yang disewakan dari bandara ke langgur atau kota Tual berkisar Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000 tergantung jauh dekatnya perjalanan. Jarak Perjalanan dari bandara ke kota Tual dan Langgur melalui Jln. K.H Abdurrahman Wahid sejauh 14 kilometer.

Harga Hotel di Langgur dan Kota Tual berkisaran Rp. 300.000 sampai dengan Rp. 1.000.000 perhari, tergantung pada pilihan kamar yang diinginkan. Sedangkan untuk penginapan di sini masih terbilang murah sekali, ada penginapan yang disewakan perhari Rp. 70.000 hingga Rp. 300.000.

Jika ingin melakukan perjalanan wisata di daerah ini anda bisa langsung memesan mobil rental melalui resepsionis hotel atau penginapan dengan harga perhari (12 jam) Rp. 300.000. Atau jika anda ingin lebih murah bisa menggunakan jasa ojek yang harga perharinya Rp. 50.000 sampai dengan Rp. 70.000, mahal dan murahnya harga ojek tergantung bagaimana anda melakukan penawaran dengan tukang ojek tersebut. Di sini mobil angkutan kota juga bisa disewakan untuk berwisata dengan harga perharinya Rp. 250.000, atau angkutan umum ini bisa antar-jemput saja ke satu tempat wisata dengan harga sekali antar-jemput sekitar Rp. 100.000 - Rp. 150.000.

Untuk jalur wisata ke pulau, seperti pulau Bair sewa speedboat untuk antar pulang-pergi dan berkeliling pulau bair berkisaran Rp. 500.000, sedangkan untuk pulau Ngurtavur harganya Rp. 700.000.

Untuk persoalan makanan dan minuman harganya tidak jauh beda dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Di sini nasi padang, nasi goreng, soto ayam, bakso, dan makanan lain harga perporsinya mulai dari Rp. 15.000. Di tempat wisata juga tersedia makanan, namun harganya agak mahal di bandingkan dengan di dalam kota.

Mungkin ini saja informasi singkat tentang trip dan budget selama melakukan perjalanan wisata di kepulauan kei. Informasi lain akan saya sampaikan melalui posingan-postingan berikutnya. Jika anda mengalami kesulitan ketika berwiasata di sini, anda dapat menghubungi saya, sebisa mungkin saya dapat membantu anda. #AyoKeKepulauanKei

2 komentar untuk "Jalur Traveling ke Kepulauan Kei dan List Budgetnya"

  1. Min kalo boleh tau dari Surabaya sampai Langgur lewat jalur laut butuh waktu berapa hari lama perjalanan estimasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau lewat jalur laut itu membutuhkan waktu sekitar 4-5 hari dengan kapal pelni, untuk harga tiketnya sebesar Rp. 547.000, lebih lengkapnya tentang kapal dan harga perjalanan dari Surabaya - Tual (Langgur), silahkan cek di pelni,co,id (ganti koma dengan titik)

      Hapus