Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Mengenal Makna Islam Sesuai dengan Tuntunan Al-Quran

Mari Mengenal Makna Islam Sesuai dengan Tuntunan Al-Quran
Islam merupakan agama wahyu yang diturunkan Allah swt. kepada utusannya Nabi Muhammad saw. kemudian disampaikan kepada umat manusia. Ajaran-ajaran Islam termaktub di dalam Al-Quran dan Hadits, yaitu berupa petunjuk-petunjuk, perintah-perintah, dan larangan-larangan untuk kebaikan manusia. Oleh karena itu agama yang diterima di sisi Allah adalah agama Islam, sebagaimana firman Allah swt. di dalam Al-Quran.

إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلۡإِسۡلَٰمُۗ 

Terjemahan: Sesungguhnya agama (yang diridhai) disisi Allah hanyalah Islam (Q.S. Ali Imron: 19)

وَمَن يَبۡتَغِ غَيۡرَ ٱلۡإِسۡلَٰمِ دِينٗا فَلَن يُقۡبَلَ مِنۡهُ وَهُوَ فِي ٱلۡأٓخِرَةِ مِنَ ٱلۡخَٰسِرِينَ

Terjemahan: Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu)daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi (Q.S. Ali Imron: 85)

Memeluk Islam berarti mendapat hidayat dari Allah swt. Petunjutk untuk memeluk agama Islam itu merupakan suatu nikmat yang tiada bandingannnya. Bayangkan saja, jika kita masih berada dalam keadaan kafir yang belum beriman kepada Allah swt. Memeluk islam berarti mengikuti wasiat nabi Ibrahim, karena nabi Ibrahim merupakan bapak dari para nabi yang salah satu keturunannya adalah Nabi Muhammad yang berasal dari anaknya Ismail. Allah swt berfirman dalam al-Quran.

وَوَصَّىٰ بِهَآ إِبۡرَٰهِ‍ۧمُ بَنِيهِ وَيَعۡقُوبُ يَٰبَنِيَّ إِنَّ ٱللَّهَ ٱصۡطَفَىٰ لَكُمُ ٱلدِّينَ فَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ 

Terjemahan: Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya´qub. (Ibrahim berkata): "Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam" (Q.S. Al-Baqrah: 132)

Wasiat yang disampaikan nabi Ibrahik kepada anak-anaknya yaitu agar mereka beriman kepada Allah dengan tetap berada dalam agama tauhid, yaitu agama Islam. Karena berada dalam Islam adalah jalan menuju Allah swt.

Makna Islam


Islam secara etimologi (kata) berasal dari bahasa arab, yaitu aslama, yuslimu, islam. Sedangkan secara bahasa ada beberapa pengertian yang disematkan kepada Islam yaitu sebagai berikut

Pertama, Islam berarti tata/patuh dan berserah kepada Allah. Kedua, Islam berarti damai dan kasih sayang. Maksudnya agama Islam mengajarkan perdamaian dan kasih sayang bagi umat manusia tanpa memandang warna kulit, agama. dan status sosial. Oleh karena itu Islam sedikutpun tidak memebenarkan adanya perilaku penjajahan.

Ketiga, Islam berarti selamat, artinya bahwa islam merupakan petunjuk untuk memperoleh keselamatan hidup, baik itu di dunia maupun di akhirat. Olehnya itu islam selalu mengajarkan agar manusia menebarkan salam (keselamatan) baik itu secara lisan maupun perbuatan.

Secara terminologi ada beberapa pandangan menurut para ahli dalam memberikan pengertian tentang Islam yaitu sebagai berikut.

Menurut Muhammad Bin Abdullah at Tawairjiri, mengartikan islam sebagai penyerahan diri sepenuhnya kepada Allah dengan mengesankanNya dan melaksanakan syariatNya dengan penuh ketaatan atau melepaskan diri dari perbuatan syirik.

Menurut Umar Bin Khattab, Islam adalah agama yang diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad saw, agama ini meliputi akidah, syariat, dan akhlak.

Menurut Tolstoi, Islam adalah ringkasan agama yang dikumandangkan nabi Muhammad saw, dan menyatakan bahwa Allah itu satu (esa) tiada tuhan selain Dia, sehingga tidak dibenarkan menyembah banyak tuhan.

Menurut Leodourich, Islam adalah agama kemanusiaan alami, ekonomi, dan sekaligus moralis.

Menurut Massignon, Islam adalah agama yang memiliki keistimewaan bahkan Islam sebagai ide persamaan yang benar dengan partisipasi semua anggota masyarakat.

Sedangkan Humaidi Tatapangsara (1979) membagi pengertian islam ke dalam dua pengertian, yaitu pengertian khusus dan pengertian Umum. Menurutnya secara khusus Islam adalah agama yang diajarkan Nabi Muhammad saw. Sedangkan secara umum Islam adalah agama yang diajarkan oleh semua nabi dan rasul Allah, yang dimulai dari nabi Adam as, sampai pada nabi Muhammad saw. Hal ini dapat ditemukan dalam beberapa ayat al-Quran sebagai berikut:

قُلۡ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَمَآ أُنزِلَ عَلَيۡنَا وَمَآ أُنزِلَ عَلَىٰٓ إِبۡرَٰهِيمَ وَإِسۡمَٰعِيلَ وَإِسۡحَٰقَ وَيَعۡقُوبَ وَٱلۡأَسۡبَاطِ وَمَآ أُوتِيَ مُوسَىٰ وَعِيسَىٰ وَٱلنَّبِيُّونَ مِن رَّبِّهِمۡ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ أَحَدٖ مِّنۡهُمۡ وَنَحۡنُ لَهُۥ مُسۡلِمُونَ

Terjemahan: Katakanlah: "Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishaq, Ya´qub, dan anak-anaknya, dan apa yang diberikan kepada Musa, Isa dan para nabi dari Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan seorangpun di antara mereka dan hanya kepada-Nya-lah kami menyerahkan diri" (Q.S. Ali Imran: 84)

Dari pengertian-pengertian yang dikemukan oleh para ahli di atas, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa, Islam adalah agama tauhid yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw, untuk disampaikan kepada umat manusia. Islam merupakan agama untuk memanusiakan manusia agar mengenal Tuhan melalui ibadah-ibadah yang dilakukan, baik itu ibadah mahdah maupun ibadah gairu mahdah. Islam juga merupakan agama kemanusiaan, yang memandang semua manusia sama, yang membedakan hanyalah tingkat ketaqwaan, tidak ada perbudakan dalam Islam, tidak ada tingkat kasta dalam Islam, dan tidak ada penindasan dalam Islam, sehingga mengenal Islam berarti mengenal kemanusiaan.

Syahadatain


Mari Mengenal Makna Islam Sesuai dengan Tuntunan Al-QuranSeseorang yang ingin memeluk Islam maka terlebih dahulu mengikrarkan diri untuk meyakini adanya Allah swt, dan Nabi Muhammad saw, dengan mengucapkan syahadatain. Setelah itu melaksanakan perintah Allah dan rosulNya sebagai perwujudan dari Ikrar yang diucapkan tadi. Seseorang yang menyatakan diri sebagai orang yang beragama Islam wajib melaksanakan lima rukun Islam yaitu.

Mengucapkan dua kalimat syahadat dengan meyakini di dalam hati dan melaksanakan dengan perbuatan. Syahadat terbagi menjadi dua yaitu; pertama, sayahadat tauhid (pengakuan terhadap keesaan Allah swt). Asyhadu an-la ilaaha illallah yang artinya saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah. Kedua, syahadat rasul, yaitu mengakui nabi Muhammad saw, sebagai rasul utusan Allah swt. Wa asyhadu anna muhammadar rasulullah, yang artinya dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad saw. adalah utusan Allah swt.

Mendirikan shalat wajib lima waktu, mengeluarkan zakat, melaksanakan puasa, dan pergi haji bagi yang mampu yaitu apabila memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan secara syar'i.

Posting Komentar untuk "Mari Mengenal Makna Islam Sesuai dengan Tuntunan Al-Quran"