Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran SMA dan Madrasah Aliyah

Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran SMA dan Madrasah Aliyah

Berbicara mengenai silabus berarti semua guru pasti sudah tau apa itu silabus sebenarnya. Silabus digunakan dalam rangka membuat rancangan pembelajaran, yang nantinya akan dijabarkan lanjut oleh RPP untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Silabus dalam pengertiannya adalah merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. Dalam Kurikulum 2013 silabus sudah dipersiapkan oleh pusat, sehingga guru tidak perlu repot-repot untuk menyusunnya. Guru sebagai pengajar tinggal mengembangkannya disesuaikan dengan karakter sekolah

Prinsip Pengembangan Silabus SMA

  1. Prinsip Ilmiah; dalam pengembangannya seluruh materi dan kegiatan yang menjadi muatan silabus harus benar-benar dapat dipertanggung jawabkan.
  2. Prisip Relevan; cakupan, kedalaman tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik.
  3. Prinsip Sistematis; komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.
  4. Prinsip Konsisten; adanya hubungan yang konsisten (taat asas) anatar kompetensi dasar, indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan sistem penilaian.
  5. Prinsip Memadai; cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
  6. Prisip Aktual dan Kontekstual; cakupan indikator, materi pokok, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi.
  7. Prinsip Fleksibel; keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.
  8. Prinsip Menyeluruh; komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan).

Komponen-komponen Pengembangan Silabus SMA

  1. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
  2. Materi Pokok/Pembelajaran
  3. Kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik
  4. Penilaian
  5. Alokasi Waktu
  6. Sumber Belajar
Prinsip dan komponen pengembangan silabus di atas merupakan paparan awal tentang Pengembangan Silabus, sedang untuk lebih jelas dalam mendalami materi ini silahkan hubungi kami melalui kontak atau komentar.

Posting Komentar untuk "Panduan Pengembangan Silabus Mata Pelajaran SMA dan Madrasah Aliyah"