RPP Bahasa Arab Satu Lembar Kelas X SMA/SMK/MA/MAK

RPP Bahasa Arab Satu Lembar Kelas X SMA/SMK/MA/MAK

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau disingkat menjadi RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang menjadi pedoma dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Segala proses pembelajaran mengacu pada rencana pembelajaran yang telah disusun.

Kebijakan baru pemerintah sebagaimana tertuang dalam peraturan pemerintah tentang merdeka belajar, menyebutkan bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat dalam bentuk satu lembar agar memudahkan guru dalam menyediakan administrasi mengajar.

Rencana pelaksanaan pembelajaran satu lembar secara sistematika terdiri atas 3 kompenen inti yaitu:

1. Tujuan Pembelajaran

Tujuan pembelajaran adalah kemampuan-kemampuan yang diharapkan dimiliki oleh siswa setelah memperoleh pengalaman belajar. Tujuan pembelajaran dalam RPP ditulis merujuk pada kurikulum dan kebutuhan siswa.

Untuk menulis tujuan pembelajaran, ada beberapa hal yang harus diperhatikan; (a) Audience, yaitu pendengar dalam hal ini adalah peserta didik. Audience merupakan subjek dan sekaligus sebagai objek dalam pembelajaran, maka dalam menentukan tujuan pembelajaran audience menjadi fokus utama. (b) Behavior, yaitu tingkah laku atau sikap yang diharapkan dapat dilakukan oleh siswa setelah proses pembelajaran. (c) Condition, yaitu keadaan atau kondisi. Dalam hal ini kondisi atau keadaan siswa sebelum melakukan aktivitas pembelajaran dan setelahnya, serta pertsyaratan yang harus dipenuhi agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. (d) Degree, yaitu suatu pencapaian atau target yang harus dicapai oleh siswa yang ditunjukan dengan adanya perilaku atas hasil belajar. Secara teoritis tingkat keberhasilan belajar ditunjukan dengan ketuntasan minimal nilai yang diperoleh.

2. Langkah-langkah Pembelajaran

Langkah-langkah pembelajaran merupakan suatu proses atau kegiatan pembelajaran yang dimulai dari awal hingga akhir. Terdapat tiga langkah-langkah pembelajaran yaitu, kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dalam pembelajaran sering pula disebut dengan pra-instruksional. Fungsi kegiatan tersebut utamanya adalah untuk menciptakan awal pembelajaran yang efektif yang memungkinkan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Kegiatan inti dilaksanakan guru dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan KD setiap mata pelajaran. Pemilihan pendekatan saintifik dan/atau inkuiri dan penyingkapan dan/atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan. Sesuai dengan karakteristik sikap, maka salah satu alternatif yang dipilih adalah proses afeksi mulai dari menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, hingga mengamalkan. 

Menutup pelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan guru untuk mengetahui pencapaian tujuan dan pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah dipelajari, serta mengakhiri kegiatan pembelajaran

3. Penilaian Pembelajaran (Asesmen)

Berdasarkan beberapa pengertian menurut para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa penilaian dalam proses dalam pembelajaran adalah kegiatan membandingkan atau menerapkan hasil pengukuran untuk memberikan nilai terhadap objek dalam konteks pembelajaran.

Dari ketiga komponen inti RPP yang telah disebutkan di atas, maka dalam membuat RPP bahasa Arab satu lembar untuk kelas X SMA/SMK/MA/MAK maka perlu diperhatikan agar rpp dapat menjadi acuan yang baik dalam pembelajaran.

Contoh RPP Satu Lembar

Untuk lebih jelas terkait dengan RPP satu lembar, berikut kami berikan contoh rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) satu lembar untuk sekolah tingkat menengah sebagai berikut:

___

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan : SMA Coretanzone

Mata Pelajaran : Bahasa Arab

Kelas / Jurusan : X / Bahasa

Semester : Ganjil

Materi Pokok : Ta’aruf

Ketrampilan : Menyimak (Istima’)

Alokasi Waktu : 2 x 24 Menit

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat memahami dan melafalkan kosa kata baru tentang ta’aruf.

B. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Penjelasan
Pendahuluan (10) Menit (1) Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pembelajaran dan menanyakan kabar siswa
(2) Guru mengecek kehadiran siswa
(3) Guru bersama dengan siswa mengecek kesiapan media dan perangkat pembelajaran
(4) Guru memotivasi siswa untuk terus belajar dan memberi arahan agar siswa tetap menjaga protokol kesehatan COVID 19
(5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Inti (70 Menit) (1) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok heterogen
(2) Guru menampilkan kosa kata tentang ta’aruf
(3) Guru mengajak siswa mendiskusikan makna yang terdapat dalam mufradat
(4) Siswa mencari arti mufradat yang belum diketahui dalam kamus, buku atau di internet
(5) Siswa diarahkan untuk menutup buku, kemudian guru membacakan mufradat dan siswa menirukan
(6) Guru membacakan mufradat dan siswa mengartikan makna mufradat yang dibacakan guru
(7) Siswa membaca mufradat dengan tepat beserta maknanya.
(8) Guru memberi latihan (tadrib) untuk mengetahui penguasaan siswa terhadap mufradat baru
(9) Guru membuat penilaian terhadap kemampuan penguasaan mufradat siswa
Penutup (10 Menit) (1) Guru dan siswa membuat simpulan pelajaran.
(2) Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa.
(3) Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
(4) Guru menyampaikan rencara pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
(5) Guru dan siswa menutup pembelajaran dengan membaca do’a

C. Penilaian

Penilaian pembelajaran meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan berupa tes tulis dan lisan, penilaian kinerja dan penilaian portopolio.

___

Selain satu contoh RPP bahasa Arab di atas, anda bisa mengunduh contoh-contoh lain RPP bahasa Arab satu lembar untuk kelas X SMA/SMK/MA/MAK pada link di atas.

Demikianlah pembahasan kali ini tentang rpp bahasa Arab satu lembar, semoga dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru sekalian dalam menyusun rpp untuk mengajar di kelas.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama