Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh
Banyak orang dari dunia bagian barat tidak terbiasa dengan buah rambutan, karena buah ini berasal dari Indonesia, Malaysia, dan beberapa negera di Asia Tenggara. Buah ini dikenal karena kemiripannya dengan leci dan buah lengkeng, terutama dagingnya yang transparan-keputihan dan memiliki biji di dalam bagian tengah. Hal ini karena ketiganya sebenarnya adalah kerabat dekat.

Meskipun mereka mirip, penutup luar atau kulit yang membedakan ketiga buah ini. Buah rambutan dapat dengan mudah diidentifikasi karena kulitnya seperti duri berwarna hijau dan merah yang menyerupai rambut, menariknya lagi karena nama "Rambutan" berasal dari bahasa Melayu yaitu "rambut."

Pohon rambutan biasanya tumbuh setinggi sekitar 80 kaki dan tumbuh subur di daerah beriklim tropis, sebagian besar di Asia tempat buah-buahan ini berlimpah. Tanaman ini juga telah dibudidayakan di berbagai belahan dunia, seperti Australia dan Amerika Tengah.

Rambutan Versus Leci: Cara Membedakan Buah-Buahan Ini


Meskipun rambutan dan leci berasal dari keluarga yang sama, ada perbedaan yang berbeda dalam hal komposisi dan kandungan nutrisinya. Buah leci memiliki kulit bergelombang dan rambutan memiliki penampilan yang runcing.

Dalam hal nutrisi, leci mengandung serat makanan dan banyak vitamin dan mineral, seperti fosfor, magnesium, dan vitamin D dan C. Juga mengandung oligonol, polifenol yang membantu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh seseorang.

Buah rambutan lebih tinggi serat makanannya dibandingkan dengan leci. Meskipun rambutan tidak mengandung oligonol, namun mengandung zat besi dalam jumlah tinggi, yang dapat membantu menurunkan risiko anemia dan perdarahan gastrointestinal.

Ketika membahas rasa, beberapa orang mengatakan bahwa rambutan rasanya lebih lembut daripada leci, sementara yang lain mengklaim bahwa rambutan rasanya mirip atau lebih manis. Namun, kedua buah ini memancarkan aroma manis.

Pemanfaatan Buah dan Tanaman Rambutan


Pemanfaatan Rambutan tidak hanya fokus pada buahnya saja, akan tetapi pohonnya itu sendiri berguna dalam berbagai hal. Berikut ini beberapa contohnya:

Daun rambutan dapat digunakan untuk perawatan rambut dasar. Tumbuk daun menjadi halus seperti pasta, kemudian tambahkan air dan peras ekstraknya. Oleskan ekstrak ke rambut dan kulit kepala Anda. Ini dapat meningkatkan kesehatan rambut

Daunnya bisa digunakan untuk mengobati demam. Rebus beberapa daun dalam tiga gelas air, lalu saring. Minumlah ramuan ini tiga kali sehari untuk membantu tubuh Anda pulih dari demam. Selain itu, daunnya juga berfungsi untuk meredakan sakit kepala. Tumbuk daun menjadi halus dan oleskan pada pelipis Anda untuk membantu meringankan penyakit migran.

Biji rambutan dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Haluskan biji menjadi pasta dan oleskan pada kulit Anda untuk mencapai warna yang lebih jelas dan lebih merata. Menggunakan pasta biji rambutan secara teratur dapat membantu kulit Anda menjadi lebih lembut dan sehat dalam jangka panjang.

Menurut laporan berita yang diterbitkan oleh New Straits Times, bijinya juga dapat membantu penderita diabetes. Ambil bijinya, potong-potong kecil-kecil dan biarkan kering selama beberapa hari. Giling biji menjadi bubuk halus dan campur dengan air panas. Minum sekali hingga tiga kali sehari, sebelum makan. Ini dapat membantu mengontrol gula darah.

Manfaat kesehatan dari Rambutan


Buah rambutan memiliki vitamin dan mineral yang sangat banyak. Meskipun ukurannya kecil, buah ini sebenarnya memiliki banyak vitamin C (40 miligram), yang penting untuk membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda agar tetap sehat.

Selain itu, buah ini juga merupakan sumber tembaga yang baik. Meskipun sistem tubuh hanya membutuhkan jumlah yang terbatas. Tembaga bekerja bersama dengan zat besi dalam menjaga pembuluh darah, sistem kekebalan tubuh, tulang, dan produksi sel darah merah pada kondisi puncaknya.

Rambutan juga merupakan sumber zat besi yang baik, olehnya itu memakan buah ini sangat berguna untuk pemeliharaan dan produksi sel darah merah.

Manfaat Lain Buah Rambutan


Dapat menjadikan pencernaan menjadi sehat - Kandungan serat rambutan yang tinggi dalam metabolisme makanan dapat mencegah sembelit. Rambutan juga rendah kalori, yang dapat membantu mendorong penurunan berat badan dan menahan rasa lapar.

Menangkal patogen - Rambutan terkenal karena sifat antiseptiknya yang membantu tubuh melawan infeksi. Buah ini juga mengandung antioksi dalam jumlah tinggi yang dapat membantu membunuh mikroba dan mengurangi risiko kanker.

Membunuh parasit usus - Suatu penelitian menunjukkan bahwa biji rambutan memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu menghilangkan parasit di perut. Namun, perhatikan bahwa bijinya harus dipanggang atau direbus sebelum layak dikonsumsi.

Membantu pembentukan tulang - Kandungan fosfor dalam Rambutan dapat membantu pembentukan tulang, fosfor juga membantu dalam produksi dan penyimpanan energi.

Membantu menangkal radikal bebas - Kulit rambutan mengandung asam galat dalam jumlah besar, yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas. Bantuan senyawa ini dapat membantu mengurangi risiko kanker dan kerusakan oksidatif lebih lanjut.

Kiat dalam Menanam Pohon Rambutan


Lokasi dan suhu adalah dua hal yang harus dipertimbangkan jika Anda berencana untuk menanam pohon rambutan Anda sendiri. Budidaya rambutan bukanlah tugas yang mudah karena kepekaannya terhadap suhu dan kelembaban, karena ini merupakan buah yang berasal dari daerah tropis.

Untuk wilayah Asia Tenggara seperti Indonesia dan Malaysia, menanam buah ini sangat mudah, karena wilayah ini beriklim tropis. Berbeda dengan wilayah yang beriklim berbeda, maka untuk menanam buah rambutan butuh kiat yang khusus.

Di Amerika Serikat, Florida dan California adalah salah satu negara bagian terbaik untuk dapat menanam rambutan karena iklimnya yang hangat, tetapi harus tetap memperhatikan bahwa penurunan suhu yang tiba-tiba dapat mempengaruhi pertumbuhannya.

Jika Anda berencana menanam rambutan dari biji, dapatkan pot kecil dengan lubang drainase, tanah bercampur pasir dan kompos organik. Tutupi sedikit biji dengan tanah dan tunggu 10 hingga 21 hari sampai benih berkecambah. Karena kerapuhannya, maka untuk wilayah Florida dan California pohon itu harus disimpan di dalam ruangan selama sekitar dua tahun sebelum siap dipindahkan ke luar.

Berhati-hatilah saat menanam rambutan karena paparan suhu rendah untuk waktu yang lama bisa berakibat fatal. Rawat pohon rambutan dengan baik dan Anda akan menjadi pemilik pohon rambutan yang bahagia.

Posting Komentar untuk "Manfaat Rambutan Untuk Kesehatan Tubuh"