Pengertian Brosur, Fungsi Brosur dan Contoh Desain Brosur

Brosur merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mempromosikan atau memperkenalkan sesuatu kepada orang lain. Brosur memiliki manfaat yang sangat baik dan efektif karena langsung memperkenalkan sesuatu kepada orang dengan cara langsung dan simpel. Berbeda dengan spanduk, brosur didesain minimalis dan dicetak di kertas dengan ukuran kecil atau sedang agar mudah dibawah oleh orang lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini pengertian brosur.

Pengertian Brosur


Brosur merupakan media publikasi yang diedarkan dengan cara tidak berkala (tidak reguler) yang terbagi dalam beberapa halaman (tidak banyak) yang berisi info atau keterangan mengenai satu produk, service, sarana umum, profil perusahaan, profil lembaga, profil sekolah, atau yang lain menjadi fasilitas untuk beriklan atau berpromosi.

Pemahaman brosur yang lain merupakan suatu media yang dipakai untuk pemasaran (iklan atau promo) yang diberikan dengan cara gratis serta tanpa ada daftar yang bagus dipakai oleh beberapa customer untuk memahami keunggulan-keunggulan satu produk (barang atau layanan). Brosur ini dibikin oleh produsen dengan arah mempermudah beberapa konsumen untuk mengetahui kelebihan-kelebihan suatu produk.

Pemahaman brosur yang lain merupakan suatu media atau alat promo yang diciptakan (biasanya dari kertas) yang berisi info tentang satu penawaran (kelebihan-kelebihan) satu produk, service, program atau apa pun itu yang diperuntukkan untuk tujuan pasar atau pelanggan spesifik. Brosur ini diberikan dengan cara gratis (gratis) menjadi usaha produsen dalam soal pemasaran serta promo.

Fungsi Brosur


1.Bahan Informatif yaitu brosur umumnya digunakan untuk memberitahukan pada konsumen-konsumen yang potensial terkait dengan suatu perusahaan, suatu produk atau sesuatu yang ingin diperkenalkan. Informasi ini terkait dengan presentasi suatu perusahaan, produk baru atau pelayanan yang ingin ditawarkan, maupun perubahan terkini dalam nama suatu perusahaan, dan sebagainya.

2. Bahan Iklan yaitu brosur betul-betul sangat terpenting menjadi alat iklan atau alat promo, yang menarik dan sangat mungkin untuk mempromokan satu atau lebih produk ataupun layanan.

3. Bahan Identifikasi yaitu design dari suatu brosur harus terlihat baik dan dapat menggambarkan sesuatu yang ingin diperkenalkan secara menyeluruh agar mudah teridentifikasi oleh para konsumen yang ingin mengetahui apa yang diperkenalkan.

Contoh Desain Brosur


Nah berikut ini dua contoh brosur kegiatan yang sempat kami desain dengan bahan-bahan diambil dari foto yang sudah ada di internet.


Brosur yang pertama ini merupakan brosur untuk kegiatan diklat organisasi peinta alam yang ada di kepulauan kei.


Sama halnya dengan brosur yang pertama, brosur yang kedua ini untuk kegiatan diklat suatu organisasi peinta alam yang bernama Kei Pecinta Alam atau yang diakronimkan dengan nama KEIPALA.

Bahan bahan yang kami gunakan dalam desain brosur ini dimabil dari internet dengan mendesainnya di photoshop.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama