Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Widget Statistik Pengunjung Bawaan Blog

Cara Memasang Widget Statistik Pengunjung Bawaan Blog
Mungkin bagi sebagian sahabat blogger menganggap bahwa memasang statistik di blog tidaklah penting, namun bagi sebagian lainnya memasang statistik di blog sangatlah penting. Alasan memasang statistik pengunjung di blog menurut saya agar pengunjung tahu seberapa populer blog yang dikelola.

Untuk mengukur seberapa banyak aktifitas yang ada di dalam blog sangat dibutuhkan alat untuk mengukurnya atau mengetahuinya. Saat ini sudah banyak situs yang menyediakan alat ukur tersebut, ada yang berbayar dan ada pula yang gratis. Apakah blogger (blogspot) juga memilikinya? Jawabannya "ya" blogger juga mempunyai alat ukur atau statistik bawaan sendiri.

Jika anda tidak ingin repot memasang statistik pihak ketiga maka, gunakan saja statistik bawaan blogger yang sudah ada, walaupun demikian statistik bawaan blogger membaca semua aktifitas yang terjadi di blog termasuk klik yang berasal dari mesin atau aplikasi tertentu.

Kita ketahui bahwa dalam dunia Internet, bukan saja manusia yang melakukan klik terhadap postingan blog tetapi ada semacam aplikasi yang dibuat khusus untuk melihat, dan mengklik postingan blog. Selama aktifitas mesin atau aplikasi di blog masih dalam taraf normal maka, tidak begitu berpengaruh terhadap SEO blog. Namun jika sudah terlalu tinggi aktifitasnya maka, akan berakibat buruk bagi blog. Bahakan bisa-bisa pengunjung blog hanyalah mesin atau aplikasi-aplikasi klik otomatis tersebut.

Cara Melihat Riwayat Penayangan Blog


Cara melihat aktifitas atau riwayat penayangan di blog adalah dengan masuk ke dasbor blogger kemudian klik tab Statistik. Setelah anda berada di laman statistik, anda bisa langsung melihat hal-hal yang terdapat di sub-tab Ikhtisar sebagai berikut:

1. Penayangan hari ini, memperlihatkan jumlah halaman yang ditelusuri pada hari ini.
2. Penayangan kemarin, memperlihatkan jumlah halaman yang ditelusuri kemarin.
3. Penayangan bulan lalu, memperlihatkan jumlah halaman yang ditelusuri selama satu bulan.
4. Riwayat penayangan sepanjang waktu, memperlihatkan semua jumlah penayangan di blog.
5. Pengikut, memperlihatkan jumlah pengikut yang mengikuti blog yang anda kelola.

Pada laman statistik ini anda juga bisa melihat sumber lalu lintas blog dan pemirsa. Maksud dari sumber lalu lintas blog adalah sumber url perujuk atau situs perujuk dimana pengunjung menemukan halaman blog anda, seperti berasal dari google.com, facebook.com, dan sejenisnya.

Sedangkan Pemirsa dapat dilihat dari beberapa opsi yaitu penayangan menurut Negara, Penayangan menurut Browser dan Penayangan Menurut Sistem Operasi. Ketiga opsi ini memperlihatkan dari negara manasajakah pengunjung blog anda berasal, browser apa yang mereka gunakan dan sistem operasi komputer apa yang digunakan untuk menelusuri halaman blog anda.

Cara Memasang Widget Statistik Pengunjung Bawaan Blog

Cara Memasang Widget Statistik Pengunjung Bawaan Blog
Setelah anda melihat secara langsung statistik blog yang ada di halaman statistik dan anda ingin memasang di blog maka, cara memasangnya adalah sebagai berikut:

1. Pada dasbord blogger klik Tab Tata Letak
2. Kemudian klik Tambahkan Gadget
3. Pilih widget (gadget) Statistik Blog
4. Kemudian Ubah Judul, Jangka waktu, Gaya, dan Opsi gaya sesuai dengan yang anda inginkan
Jika sudah selesai, klik Simpan.

Catatan

Lebih baik setelah anda memasang widget statistik di blog, atur kedudukan atau lokasi tempat widget statistik berada, agar sesuai dengan widget lain yang anda miliki di blog.

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Widget Statistik Pengunjung Bawaan Blog"