10 Malaikat dan tugas-tugas mereka yang wajib diketahui umat Islam

10 Malaikat dan tugas-tugas mereka yang wajib diketahui umat Islam
Jika kita bertanya tentang jumlah keseluruhan malaikat, maka jawabannya tidak bisa dipastikan, karena al-Quran maupun hadist tidak begitu memberikan keterangan yang pasti terkait dengan hal tersebut. Tetapi tidaklah menjadi sesuatu yang mustahil jika jumlah para malaikat mencapai ribuan atau bahkan hingga jutaan. Hal ini dijelaskan dalam hadist rosulullah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim tentang Isra Mi’raj; Rosulullah saw antara lain menjelaskan bahwa, “kemudian aku dinaikkan ke baitul Makmur, dan tiba-tiba aku menemukan pada setiap hari itu dimasuki 70.000 malaikat.”

Jumlah malaikat secara jelas hanya diketahui oleh Allah swt, tidak banyak informasi yang diberikan terkait dengan jumlah mereka sebenarnya, tetapi yang jelas malaikat itu ada dan sebagai umat Islam, kita wajib mengimani keberadaannya. Allah swt. dalam al-Quran surat Al-Mudatsir ayat 31 berfirman “Dan tidak ada yang mengetahui bala tantara Tuhanmu, kecuali Dia (Allah) sendiri.”

10 Malaikat yang wajib diketahui oleh umat Islam serta tugas-tugas mereka adalah sebagai berikut:

1. Malaikat Jibril


Malaikat Jibril merupakan malaikat yang menjadi pemimpin bagi seluruh malaikat. Dia juga memiliki nama lain, yaitu Namus, Ruhul Amin (roh yang diberi kepercayaan), dan roh kudus (roh yang suci). Malaikat Jibril pernah menampakkan dirinya dalam rupa yang asli kepada nabi Muhammad saw, sebagaimana yang dijelaskan dalam al-Quran surat an-Najm ayat 13 “Dan sungguh dia (Muhammad) telah melihatnya (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain.”

Malaikat Jibril alaihissalam bertugas menyampaikan wahyu dari Allah swt. kepada para nabi dan rasul. Dia pula yang menyampaikan ayat-ayat al-Quran kepada Nabi Muhammad saw, sebagaimana dijelaskan dalam surat al-Baqarah ayat 97 “Katakanlah: "Barang siapa yang menjadi musuh Jibril, maka Jibril itu telah menurunkannya (Al Quran) ke dalam hatimu dengan seizin Allah; membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman.”

2. Malaikat Mikail


Malaikat Mikail, merupakan malaikat yang bertugas menurunkan hujan dan membagikan rezeki kepada seluruh makhluk Allah swt. Allah swt berfiman, dalam Al-Quran surat al-Baqarah ayat 98 “Barang siapa yang menjadi musuh Allah, malaikat-malaikat-Nya, rasul-rasul-Nya, Jibril dan Mikail, maka sesungguhnya Allah adalah musuh orang-orang kafir.”

Malaikat Mikail biasanya juga mendampingi malaikat Jibril dalam melaksanakan tugas-tugasnya, yaitu seperti, pada saat malaikat Jibril membelah dada nabi Muhammad saw. sewaktu beliau masih kecil, malaikat Mikail yang bertugas mengambil air zam-zam untuk membersihkan (mencuci) hati Muhammad kecil. Sealin itu malaikat Mikail juga pernah mendampingi malaikat Jibril mengantar Nabi Muhammad saw. melakukan isra’ mi’raj.

3. Malaikat Izrail


Malaikat Izrail merupakan malaikat yang tugasnya mencabut nyawa seluruh makhluk hidup, termasuk di dalamnya mencabut nyawa para malaikat, dan bahkan mencabut nyawa dirinya sendiri suatu saat kelak. Sehingga malaikat ini mendapat julukan sebagai “malaikat maut” yaitu yang mengantarkan pada kematian. Tugas tersebut bukan dilakukan sesuai dengan kemauannya sendiri tetapi mendapatkan perintah dari Allah swt, sebagaimana firman-Nya dalam al-Quran surat an-Nazi’at ayat 1-2 “(1) Demi (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras (2) dan (malaikat-malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah-lembut.

4. Malaikat Israfil


Malaikat Israfil merupakan malaikat yang bertugas meniup terompet (sangkakala) pada saat kiamat kelak, dan ketika manusia dibangkitkan dari alam kubur nanti. Hal ini dijelaskan dalam al-Quran surat Az-Zumar ayat 68 “Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing).”

5. Malaikat Raqib


Malaikat Raqib merupakan malaikat yang tugasnya mencatat segala perbuatan dan ucapan baik manusia yang dilakukannya selam hidup di dunia.

6. Malaikat Atid


Malaikat Atid adalah malaikat yang tugasnya mencatat segala perbuatan dan ucapan jahat yang dilakukan manusia. Terkait dengan malaikat Raqib dab Atib dijelaskan dalam al-Quran dalan surat al-Infithar ayat 10-12, sebagai berikut yang artinya. (10) Padahal sesungguhnya bagi kamu ada (malaikat-malaikat) yang mengawasi (pekerjaanmu) (11) yang mulia (di sisi Allah) dan mencatat (pekerjaan-pekerjaanmu itu). (12) mereka mengetahui apa yang kamu kerjakan

7. Malaikat Munkar dan 8. Nakir


Kedua malaikat ini bertugas untuk melakukan introgasi kepada manusia ketika berada di alam Kubur. Di alam kubur ketika diintrogasi manusia tidak dapat berbohong, mulut manusia akan berkata jujur. Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rosulullah saw bersabda. “apabila seorang mayat atau seorang diantara kamu telah dikuburkan maka datanglah kepadanya dua malaikat yang berwarna hitam dan biru. Yang satu bernama Munkar dan yang satu lagi bernama nangkir. Lalu keduanya bertanya, “bagaimana pendapatmu tentang pria ini?” Jika ia menjawab, “dia adalah hamba Allah dan Rasul-Nya, saya bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya”, maka keduanya berkata, “kami sudah mengetahui bahwa kamu mengetahui kalimat ini. Lalu kuburnya diluaskan hingga tujuh puluh hasta, dan diterangi dengan cahaya. Kemudian dikatakan kepadanya “tidurlah kamu”, ia menjawab, “bolehkah aku kembali ke keluargaku di dunia agar aku dapat menceritakan kepada mereka apa yang terjadi?” kedua malaikat itu berkata, “tidurlah kamu seperti tidurnya seorang penaganten yang tidak akan dibangunkan kecuali oleh istrinya yang paling dia cintai, hingga Allah membangkitkannya.”

Jika mayyit itu seorang mafik, maka ia akan menjawab, aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu, maka akupun mengatakan seperti perkataan mereka, sedangkan aku tidak memahami.” Lalu kedua malaikat berkata, “kami mengetahui bahwa kamu mengatakan demikian.” Maka diperintahkan kepada bumi “himpitlah dia.” Bumipun menghimpit mayat itu hingga tulang-tulangnya rusak berantakan, dan ia selalu akan selalu diazab hingga Allah swt. membangkitkannya kelak.

9. Malaikat Ridwan


Malaikat Ridwan merupakan malaikat penjaga pintu syurga, tempat dimana manusia yang taat dan beriman kepada Allah mendapatkan balasan beripa kebaikan dan kenikmatan yang tiada tara bandingannya dengan segala kenikmatan yang ada di dunia.

10. Malaikat Malik


Malaikat Malik  merupakan malaikat yang tugasnya menjaga pintu neraka, tempat dimana manusia yang durhaka kepada Allah mendapatkan balasan berupa siksaan yang sangat pedih, melebihi semua siksaan yang ada di dunia ini. Ketika manusia yang berdosa disiksa di dalam neraka sebagaimana firman Allah di dalam al-Quran “Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja". Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)" (Q.S. Az-Zukhruf: 77).

Demikianlah penjelasan tentang 10 Malaikat dan tugas-tugas mereka yang wajib diketahui umat Islam, semoga bermanfaat. Wallahu a'lam.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama